Rektor Luncurkan Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke 60 Universitas Jember

Jember, 11 Oktober 2024
Universitas Jember (UNEJ) bulan depan, tepatnya tanggal 10 November 2024 nanti akan berusia 60 tahun. Menyambut enam dekade kampus negeri tertua di Jember ini, serangkaian kegiatan sudah disiapkan. Peluncuran rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke 60 UNEJ dilakukan oleh Rektor UNEJ dalam kesempatan kegiatan Harmoni Pagi yang dipusatkan di kampus Fakultas Hukum (11/10/2024). Tahun ini tema dies natalis adalah “UNEJ Unggul Menyongsong Indonesia Emas”.

Dalam sambutannya, Rektor UNEJ mengajak segenap hadirin yang memenuhi halaman dekanat Fakultas Hukum (FH) untuk tak henti-hentinya bersyukur atas semua prestasi dan pencapaian yang sudah diraih oleh UNEJ. Hingga di usia 60 tahun, UNEJ sudah banyak meraih prestasi membanggakan, terbaru adalah menduduki peringkat ke 13 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) 2025, yang berpusat di London, Inggris.

Rektor UNEJ menekan sirine tanda dimulainya rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 60 UNEJ disaksikan para Wakil Rektor, Ketua Senat dan Dekan FH

“Seluruh pencapaian ini tentu berkat kerja sama, gotong royong dan kebersamaan semua pihak di kampus dari mahasiswa, dosen hingga tenaga kependidikan. Termasuk tradisi menyelenggarakan kegiatan Harmoni Pagi secara rutin dengan tuan rumah bergantian dari satu fakultas ke fakultas lain. Ini juga dalam rangka menjalin tali silaturahmi, sebab kita bakal kuat karena kompak,” ujar Iwan Taruna. Sebagai informasi kegiatan Harmoni Pagi diisi dengan olah raga bersama dan rapat pimpinan di lingkungan UNEJ.

Sementara itu Ketua Panitia Dies Natalis ke 60 UNEJ, Fendi Setyawan menjelaskan, banyak kegiatan yang akan dihelat mulai kegiatan bernilai akademis, olah raga hingga bernuansa budaya. Misalnya seminar mengenai beras fortifikasi guna mengembangkan ketahanan pangan, kelas jurnalistik yang akan diberikan oleh alumni yang berkarier sebagai jurnalis senior di berbagai media massa, hingga kuliah umum oleh Kabareskrim Polri yang membahas kejahatan di era digital.

Dekan FH, Prof. Bayu Dwi Anggono, menyerahkan hadiah umroh kepada M. Komarul Hadi

“Ada juga kegiatan seni budaya seperti UNEJ Film Festival dan Parade Reog. Tak ketinggalan kegiatan penilaian bagi mereka yang berprestasi baik dosen, tenaga kependidikan dan organisasi kemahasiswaan yang ada sebagai apresiasi kami bagi publik internal. Jangan lupa ada beragam kegiatan olah raga seperti fun bike dan lomba lari bertajuk UNEJ Run Law for Justice,” jelas Fendi Setyawan yang juga Wakil Rektor III ini.

Peluncuran rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke 60 UNEJ juga dihiasi tangis haru. Pasalnya salah satu tenaga kependidikan di FH UNEJ menerima hadiah undian berupa umroh ke tanah suci. Tenaga kependidikan yang beruntung ini adalah M. Komarul Hadi dari Sub Bagian Barang Milik Negara/Perlengkapan. Begitu namanya disebut oleh Dekan FH, Prof. Bayu Dwi Anggono, sontak M. Komarul Hadi sujud syukur. Bahkan tangisnya tak terbendung kala menerima hadiah dari Dekan FH.

Senam bersama di Harmoni Pagi

“Hadiah umroh ini sebagai apresiasi bagi tenaga kependidikan di FH hingga bisa meraih banyak prestasi, terbaru kami masuk dalam 10 Fakultas Hukum terbaik di Indonesia. Sekaligus peringatan 60 tahun FH UNEJ. Semoga menjadi penyemangat agar kami semua bisa mempertahankan prestasi yang ada, bahkan lebih baik lagi,” tutur Prof. Bayu Dwi Anggono. (iim)

Skip to content