Jember, 7 November 2025
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) telah sukses menuntaskan kegiatan Lokakarya Pengembangan Instrumen untuk Memenuhi Passing Grade Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang berlangsung intensif selama tiga hari, 7-9 November 2025.
Lokakarya yang bertempat di Ruang Sidang Gedung Dekanat Lantai 2 FKIP UNEJ ini merupakan langkah strategis dalam merekonstruksi Kurikulum PGPAUD UNEJ agar lebih inovatif, kompetitif, dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja serta kebijakan nasional pendidikan tinggi.
Reski Yulina Widyastuti, S.Pd., M.Pd., Ketua program studi PGPAUD FKIP UNEJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa kurikulum baru yang disusun ini akan selaras dengan perubahan profil lulusan PGPAUD UNEJ saat ini, yang meliputi pendidik, pengelola PAUD, dan teacherpreneur.

“Diharapkan lulusan mahasiswa PGPAUD UNEJ ke depannya sudah memiliki kompetensi unggul, adaptif terhadap era digital, serta mampu berkontribusi dalam penguatan karakter kebangsaan,” ujarnya.
Peserta lokakarya tidak hanya melibatkan dosen internal PGPAUD UNEJ, tetapi juga alumni yang telah berkiprah, HMP PGPAUD, serta guru dan kepala sekolah mitra, memastikan kurikulum yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan stakeholders di lapangan.
Lokakarya ini menghadirkan tiga narasumber ahli: Drs. I Wayan Sutama, M.Pd. (Asosiasi Pendidikan Guru PAUD Indonesia/APG PAUD), Dr. Wujati, M.Si. (BAN-PDM Jawa Timur), dan Dr. Bea Hana Siswati, M.Pd. (LPMPP UNEJ).

Drs. I Wayan Sutama, M.Pd. (Dosen Universitas Negeri Malang dan Fasilitator APG PAUD Indonesia) menekankan bahwa kurikulum harus mempersiapkan lulusan untuk menanamkan pendidikan karakter dan jati diri sejak usia dini. Beliau menyoroti pentingnya guru PAUD yang mampu mengintegrasikan teknologi tanpa mengesampingkan pembelajaran berbasis bermain (learning by playing), yang meliputi proses bermain bebas, terbimbing, dan terarah.
Beliau juga menambahkan bahwa keunikan lulusan PGPAUD harus memiliki banyak keterampilan, seperti mendongeng, make up, menari, dan menyanyi, sebagai bekal kompetensi berdaya saing di dunia kerja.
Acara ini didampingi fasilitator Dr. Bea Hana Siswati, M.Pd. dari Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran LPMPP UNEJ, memberikan teknis pengembangan instrumen dan penyelarasan kurikulum. Selama tiga hari, peserta melalui sesi Review Capaian Kurikulum 2021, Diskusi FGD Rekonstruksi Kurikulum, dan diakhiri dengan verifikasi, validasi, serta penandatanganan dokumen hasil lokakarya.

“Kegiatan ini bukan sekadar menyusun dokumen kurikulum, tetapi juga membangun masa depan pendidikan anak usia dini yang berkarakter, inovatif, dan siap menghadapi tantangan global,” tutur Bea Hana Siswati.
Kegiatan ini diketuai oleh Nur Fatwikiningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Siti Zulaikhah, M.A. (Sekretaris), Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. dan Dyah Mustika Kusuma Winahyu, M.Pd. (Anggota), secara keseluruhan menunjukkan komitmen kuat PGPAUD FKIP Universitas Jember dalam menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mampu bersaing dan memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan anak usia dini. (dil)
#DiktisaintekBerdampak #UNEJBerdampak #Profil

