Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, FISIP Universitas Jember Bersholawat

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 19 Desember 2019

Bagi ummat Islam, Rsulullah SAW adalah teladan utama dan salah satu teladan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah rasa cinta tanah air. Berangkat dari contoh ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember menggelar kegiatan sholawatan bersama Majlis Sholawat dan Maulid Al Ghofilin di pelataran kampus setempat, Rabu malam (18/12). Kegiatan religi ini dihadiri oleh sivitas akademika FISIP, Universitas Jember dan kalangan umum. Selain diajak melantunkan Sholawat Nabi, para hadirin mendekatkan diri kepada-Nya melalui Dzikrul Ghofilin yang dipimpin langsung oleh Gus Baiquni Purnomo, pimpinan Majlis Sholawat dan Maulid Al Ghofilin.

Sebelum acara dimulai, Prof. M. Hadi Prayitno, Dekan FISIP memaparkan bahwa kegiatan kali ini digelar dalam rangka mensyukuri usia Universitas Jember yang tahun ini menginjak usia 55 tahun beserta prestasi dan pencapaiannya. Rasa syukur juga ditujukan atas selesainya pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di FISIP. “Mahasiswa Universitas Jember berasal dari berbagai daerah, suku, budaya bahkan agama tetapi semuanya bersatu padu dalam bingkai ke-Indonesia-an sehingga Kampus Tegalboto benar-benar jadi Kampus Kebangsaan. Harapannya, dengan kegiatan sholawatan yang melibatkan mahasiswa, dosen, karyawan dan kalangan umum maka ke dalam tumbuh rasa ukhuwah islamiyah. Sementara keluar meningkatkan rasa hormat dan toleransi diantara sesama anak bangsa,” ujarnya.

Sementara itu di kesempatan berbeda, Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menambahkan, bahwa kegiatan keagamaan seperti Sholawat Nabi di kampus menjadi salah satu wahana pembentukan karakter sekaligus mengajarkan Islam moderat. “Kegiatan Sholawat Nabi yang memadukan pembacaan pujian kepada Nabi SAW dengan budaya lokal memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa Islam di Indonesia dapat berjalan seiring dengan budaya lokal,” ungkap pria yang juga dosen di Program Studi Hubungan Internasional ini. (iim)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content