“Pemanasan” Diawal Perkuliahan

Jember, 3 Maret 2020
Sebanyak 36 orang mahasiswa baru Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember mendapatkan “pemanasan” pada kuliah pertamanya. Diawal perkuliahan ini mereka langsung mengikuti workshop dengan tema “Exploring Streptomyces Rochei” di aula lantai 2 Gedung CDAST Universitas Jember.
“Ini adalah kegiatan lanjutan dari kuliah perdana yang dilakukan di aula Pascasarjana. Hanya saja untuk workshop ini hanya khusus bagi mahasiswa dari Prodi Magister Bioteknologi dengan pemaparan materi yang lebih detail,” ujar Ketua Program Studi Magister Bioteknologi Prof. Tri Agus Siswoyo.


Workshop ini menghadirkan Yosi Nindita, Ph.D. Dia adalah pakar microorganisme dari Hiroshima University Jepang. Perempuan yang akrab di panggil Yosi ini kini tengah menekuni penelitian bidang produksi senyawa yang memiliki nilai manfaat.
“Ibu Yosi ini memang ahli dalam memodifikasi mahluk hidup microorganisme untuk memproduksi senyawa aktif. Karena senyawa aktif ini memiliki ragam manfaat salah satunya sebagai antibiotik,” ujar Prof. Tri Agus.
Menurut Prof. Tri Agus kegiatan ini dalam rangka menambah wawasan ilmiah bagi mahasiswa baru. Sehingga menurutnya mereka akan memiliki gambaran terkait penelitian yang akan dilakukan ke depan.
“Atau bisa jadi diantara mereka nantinya ada yang menekuni bidang modifikasi mahluk hidup. Kegiatan ini juga menjadi bekal wawasan teknis berhubungan dengan tesis mereka nantinya,” pungkasnya.

Skip to content