[:id]Sosok Rudi Handoyo, Country Business Manager FMC Indonesia : Jadi Orang Nomor Satu Di Perusahaan MNC Gara-Gara Kagumi Penyuluh Pertanian[:]

[:id][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 29 Juni 2018

Setiap kali upacara wisuda digelar di Kampus Tegalboto, panitia selalu menampilkan sosok alumnus berprestasi, yang diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para wisudawan. Seperti yang dilaksanakan pada upacara wisuda periode VI tahun akademik 2017/2018 lalu di Gedung Soetardjo (26/6). Kali ini yang tampil adalah Rudi Handoyo, alumnus Program Studi Hama dan Penyakit Tanaman, Fakultas Pertanian Universitas Jember. Saat ini Rudi Handoyo menjabat sebagai Country Business Manager PT Bina Guna Kimia-FMC, yang merupakan perusahaan multi nasional (multi national corporation) bidang agro kimia asal Amerika Serikat. Di hadapan 900 wisudawan yang hadir, alumnus tahun 1992 ini menceritakan kisahnya hingga sukses menjadi orang nomor satu di sebuah cabang perusahaan multi nasional di Indonesia.

“Saya anak petani, lahir dan besar di kaki Gunung Manggar, di Kecamatan Wuluhan, Jember, jadi dunia pertanian bukan hal yang asing bagi saya. Saat duduk di bangku SMA saya kagum dengan para penyuluh pertanian dari perusahaan FMC yang rutin bertamu menemui bapak saya. Rasanya gagah saat melihat mereka datang mengendarai jeep Hardtop kala itu. Sejak saat itu saya putuskan ingin kuliah di Fakultas Pertanian, dan kelak selepas lulus saya bertekad bekerja di FMC juga,” tutur Rudi memulai kisahnya. Tak mau tanggung-tanggung, saat mengerjakan skripsi, Rudi memilih tema yang berkaitan dengan produk FMC pula. “Pelajaran pertama, ayo tentukan tujuan hidup Anda sejak awal,” kata Rudi mengawali tips suksesnya.

Pilihan Rudi ternyata tidak salah. Selepas diwisuda, dirinya melamar pekerjaan ke PT. Bina Guna Kimia-FMC, dan diterima sebagai area supervisor, jabatan awal bagi fresh graduate. Kariernya terus melesat hingga di tahun 2000 lalu dipromosikan menduduki R&D Director untuk wilayah Indonesia timur. Untuk menduduki posisi ini, Rudi wajib melakoni tes di Hongkong, dan berhasil menyisihkan para kompetitor yang merupakan utusan dari cabang FMC dari berbagai negara. “Posisi Director R&D terbuka bagi semua karyawan FMC di seluruh dunia yang dianggap layak dan lolos tes, alhamdulillah lulusan Universitas Jember yang terpilih,” ujar Rudi yang langsung mendapatkan aplaus meriah hadirin.

Kesuksesan Rudi tidak berhenti di situ saja, semenjak tahun 2013 lalu dirinya dipercaya menjadi Country Business Manager pada PT. Bina Guna Kimia-FMC, alias orang nomor satu di perusahaan agro kimia yang berpusat di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat ini. “Tips kedua, jangan malu memulai karier dari lapis terbawah. Ketiga, berikan kemampuan terbaik dimana pun Anda berkiprah, sebab percayalah setiap dari kita memiliki potensi yang luar biasa. Selanjutnya buat perencanaan yang SMART, specific, measurable, achievable, realistic, dan timely agar karier Anda terarah. Dan ingat, dalam mencapai cita-cita pasti ada halangan dan rintangan, maka hadapilah, untuk itu jangan lupa minta doa restu orang tua,” imbuhnya lagi.

Di akhir orasinya, Rudi Handoyo mengingatkan wisudawan agar tidak melupakan rasa syukur dan ikhlas di setiap langkah, agar selalu ingat bahwa pada setiap prestasi yang dicapai hanya bisa terwujud karena ridho Allah SWT. Kesyukuran itu salah satunya ditunjukkan dengan selalu ingat dimana dahulu mencari ilmu. “Ketika mendapatkan kesempatan untuk studi lanjut dengan biaya dari perusahaan, tanpa ragu saya pilih kuliah di Program Studi Magister Manajemen lagi di Kampus Tegalboto, karena saya yakin akan kualitasnya, selain karena masih banyak keluarga saya di Jember. Terakhir, lulusan Universitas Jember harus percaya diri bersaing di dunia kerja. Jika saya bisa, maka Anda juga pasti bisa,” pungkasnya. (iim)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][:]

Skip to content