Berita Universitas Jember

Anak Pak Bhabin Jadi Perawat Berprestasi

Lumajang, 21 Januari 2022
Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang menggelar kegiatan Angkat Sumpah dan Pelantikan Ahli Madya Keperawatan Periode 1 Tahun 2022 (20/1). Kali ini ada 47 perawat yang dilantik, diantaranya adalah Desy Anggraini, AMd.Kep., yang terpilih sebagai lulusan terbaik dengan IPK 3,90. Binar kebahagian terpancar jelas dari wajah putri bungsu Aiptu. Samsu Hajar yang juga Bhabinkamtibmas Polsek Tempurejo ini. Kerja keras selama tiga tahun belajar di bangku kuliah kini sudah lunas terbayarkan.

Saat ditemui seusai acara, Desy, begitu panggilan akrabnya bersyukur telah memenuhi janji kepada kedua orang tuanya untuk menjadi perawat. “Menjadi perawat memang cita-cita saya, sebab dengan menjadi perawat saya bisa membantu sesama. Apalagi ibu juga seorang tenaga kesehatan yang berdinas di Puskesmas Ambulu sebagai seorang bidan,” tutur Desy. Gadis asal Ambulu ini lantas berbagi resep sukses kepada adik kelasnya agar jangan pernah berputus asa untuk meraih mimpi, khususnya menjadi seorang perawat profesional.

“Tentu akan banyak tantangan dalam meraih cita-cita, yang penting terus belajar, jangan bosan mencari ilmu sebab saat ini ilmu itu bisa dicari selain di bangku kuliah. Dan yang penting juga adalah berdoa dan selalu meminta restu orang tua,” ungkap Desy membeberkan pengalamannya sehingga sukses meraih IPK 3,90. Ke depan Desy berniat melanjutkan ke jenjang sarjana keperawatan untuk memperluas wawasan di dunia keperawatan agar lebih profesional dalam menjalankan profesi mulia ini.

Dan seperti pepatah, tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa dukungan orang lain. Desy pun merasakan dukungan kedua orang tuanya dalam setiap langkah menjalani kuliah. Hal ini disampaikan sang ayah, Aiptu. Samsu Hajar yang hadir bersama istri di Hotel Gajah Mada Lumajang. “Tugas sebagai anggota Polri pasti menyita waktu. Tapi sesibuk-sibuknya saya, pasti menyempatkan untuk menanyakan kuliah anak-anak sebab saya sadar dukungan orang tua bakal menjadi semangat bagi anak-anak. Dari sekedar bertanya ini anak-anak bisa menyampaikan jika ada hambatan dalam kuliah dan kita carikan solusinya bersama,” ujar Aiptu Samsu Hajar.

Bhabinkamtibmas Polsek Tempurejo ini merasa beruntung sang istri adalah juga tenaga kesehatan, sehingga putri bungsunya bisa belajar dari pengalaman sang ibu. “Alhamdulillah kepercayaan yang kami berikan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Desy hingga jadi yang terbaik dalam kegiatan Angkat Sumpah dan Pelantikan Ahli Madya Keperawatan Periode 1 Tahun 2022. Saya dan ibunya tidak pernah mengarahkan harus jadi apa, biar Desy yang memutuskan masa depannya sendiri, asal selalu bertanggung jawab pada setiap pilihan. Harapan saya dan istri, Desy harus tetap belajar dan bisa kuliah setingi-tingginya serta jadi perawat profesional,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Ns. Lantin Sulistyorini, Skep., M.Kes., mengajak seluruh perawat yang baru dilantik turut membantu sesama. Apalagi warga Lumajang baru saja ditimpa letusan gunung Semeru. “Segera praktekkan ilmu yang Anda peroleh di bangku kuliah sebab masyarakat menunggu dharma bakti Anda semua. Dan dimana pun Anda berada hendaknya menjaga nama baik almamater Universitas Jember,” pesannya. Kegiatan Angkat Sumpah dan Pelantikan Ahli Madya Keperawatan Periode 1 Tahun 2022 juga dihadiri Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Timur, Prof. Dr. Ns. Nursalam, dr. Bayu Wibowo, Kadinkes Lumajang dan undangan lainnya. (Is/Niz)

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id