Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

[:id]Universitas Jember Adakan Workshop Pengembangan Profil Lulusan Dan Pengelolaan TUK-LSP[:]

[:id]

Jember, 19 Desember 2017

Universitas Jember serius mempersiapkan lulusannya agar mampu bersaing di pasar kerja. Keseriusan ini ditunjukkan dengan mempersiapkan berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1). Guna mempersiapkan berdirinya LSP-P1, Universitas Jember mengadakan Workshop Pengembangan Profil Lulusan dan Pengelolaan Tempat Uji Kompetensi-Lembaga Sertifikasi Profesi (TUK-LSP) Universitas Jember di Agrotechnopark Jubung pada Senin (18/12) lalu.

Prof. Dr. Tejasari, selaku ketua panitia menyampaikan workshop ini bertujuan agar kurikulum yang dibangun selama ini dapat sesuai dengan profil lulusan yang dijanjikan. Tejasari juga menambahkan harapannya agar kurikulum dan pembelajaran yang dilakukan dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“Tujuan diadakannya workshop kali ini agar seluruh peserta dapat meninjau kembali apakah kurikulum yang telah dibangun sudah sesuai dengan profil lulusan yang dijanjikan. Sehingga dengan adanya workshop ini kami berharap kurikulum dan pembelajaran yang diberikan bisa menghasilkan lulusan yang sesuai dengan SKKNI.” tambah Tejasari.

Hadir sebagai narasumber dalam workshop kali ini adalah Aris Hermanto dari Sub Direktorat Pengembangan dan Harmonisasi Standar Kompetensi, Dit. Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja, Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Priduktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Acara dilanjutkan dengan In-House Training Dokumentasi dan Implementasi SNI/ISO/IEC 17024 di hari kedua. Tejasari menyampaikan bahwa In-house Training memfokuskan secara personal kepada pengelola LSP UNEJ agar sesuai dengan standar ISO 17024.

Para peserta yang hadir melakukan pre-test dan post-test dalam pelatihan. Hal tersebut ditujukan agar para pengelola LSP dapat melaksanakan managerial pengelolaan LSP secara baik dan tepat sesuai dengan standar ISO 17024. In-house training kali ini bekerja sama dengan LSP Quantum yang merupakan lembaga dengan sertifikasi berstandar internasional. Hadir sebagai narasumber dalam acara in-house training kali ini adalah Prof. Pribadiyono dari LSP Quantum.

Lebih lanjut, Wakil Rektor III Universitas Jember, Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd., juga menyampaikan harapannya kepada sebanyak 25 peserta yang hadir agar workshop dan in-house training ini dapat menghasilkan rumusan kompetensi yang ideal dan dapat membersiapkan pengelola LSP UNEJ yang berkompeten. (lid)

[:]

Skip to content