[:id]Calista Putri Shavira, Dari Duta Kampus Universitas Jember Kini Jadi Putri Kreatif Kampus Jatim 2017[:]

[:id]

Jember, 22 Desember 2017

Binar kebahagiaan dan kebanggaan terpancar jelas dari wajah Calista Putri Shavira, saat menceritakan kisahnya muali menjalani masa seleksi, karantina, masuk ke babak final dan akhirnya terpilih sebagai Putri Kreatif Kampus dalam pemilihan Putri Kampus Jawa Timur (Jatim) 2017. Ajang Putri Kampus Jatim 2017 adalah ajang yang mencari calon sarjana wanita yang smart, creative, care dan berintelektual tinggi sehingga ke depannya dapat menjadi wanita yang inovatif dan inspiratif bagi wanita wanita yang lain. Pemilihan Putri Kampus Jatim digagas oleh Ikatan Sarjana Wanita Indonesia Jatim, yang tahun ini masuk tahun kedua penyelenggaraan.   Calista Putri Shavira sendiri adalah Duta Kampus Universitas Jember 2016.

“Jelas bangga, sebab dari 130 peserta yang mewakili perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur, kemudian diseleksi hingga tersisa hanya 20 peserta. Lantas dipilih lagi 10 peserta yang masuk ke babak semifinal, hingga akhirnya empat peserta maju di babak final. Alhamdulillah saya terpilih sebagai Putri Kampus Kreatif,” kisah Calista saat ditemui di kampus Tegalboto (22/12). Dalam ajang Putri Kampus Jatim 2017, panitia memilih empat peserta di babak final yang menyandang predikat sebagai Putri Kampus Jawa Timur, Putri Kampus Kreatif, Putri Kampus Cerdas, dan Putri Kampus Peduli, sesuai dengan tema Pemilihan Putri Kampus 2017 yakni Smart, Creative and Care.

Mahasiswi Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya ini lantas menceritakan tahapan yang sudah dilaluinya. “Awalnya tahu mengenai Pemilihan Putri Kampus Jatim dari kawan-kawan pada bulan November lalu, akhirnya saya putuskan ikut. Tahap audisi dilaksanakan di Surabaya dengan kegiatan berupa wawancara dan melihat rekam jejak prestasi masing-masing peserta. Akhirnya terpilih 20 peserta yang masuk masa karantina selama dua hari di Country Heritage Hotel pada tanggal 8 dan 9 Desember lalu,” kata Calista.

Selama masa karantina, Calista dan kawan-kawan mendapatkan pembekalan dari para pakar seperti Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (Wakil Gubernur Jawa Timur), Alim Markus (CEO Maspion Group), Prof. Dr. drg. I. A. Brahmasari, Dipl, DHE, MPA (Ketua ISWI Jawa Timur/Guru Besar Untag 1945 Surabaya), Dr Pinky Saptandari, MA (Wakil Ketua ISWI Jawa Timur/Dosen FISIP Unair), Arzetti Biblina (Anggota DPR RI), Nuniek Silalahi (Ketua Himpunan Busana Jatim), Indah Kurnia (Anggota DPR RI), Bawinda Lestari (Direktur I’M Communication), Perry Angglishartono (PT Jamu Iboe Jaya).

“Selama menjalani masa karantina kami mendapatkan banyak pelajaran berharga, diantaranya mengenai kepemimpinan wanita dalam politik. Harapannya kaum wanita tidak buta politik agar mampu mewarnai kebijakan yang ada. Pokoknya seru deh, karena kami juga dipandu melaksanakan focus group discussion semisal dengan tema pernikahan dini dan tema-tema lainnya yang menyangkut wanita,” tutur mahasiswi yang hobi fotografi ini. Selain kegiatan dalam ruangan, para finalis diajak untuk mengunjungi beberapa lokasi menarik lainnya semisal Radio Suara Surabaya, dan pabrik Viva Cosmetics.

Perjuangan Calista terus berlanjut, gadis asli Jember ini berhasil menembus babak semifinal yang kini menyisakan sepuluh peserta, dan berlanjut di malam final yang diikuti oleh 4 peserta, termasuk wakil dari kampus Tegalboto. Pada babak final yang diadakan di kampus Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya (10/12), Calista akhirnya terpilih sebagai Putri Kampus Creative Jatim 2017. Ketika ditanya apa pertimbangan dewan juri memilihnya sebagai Putri Kampus Kreatif 2017, Calista menjawab mungkin karena rekam jejaknya yang memiliki usaha sendiri. “Kebetulan saya hobi fotografi dan membuka jasa layanan fotografi,” ungkapnya lagi.

Prestasi Calista disambut gembira oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember. Saat menerima Calista di ruang kerjanya (13/12), rektor berpesan agar Calista menjaga nama baik almamater mengingat kiprahnya yang semula hanya di tingkat kampus Tegalboto, kini mulai merambah Jawa Timur. “Dan jangan lupa dengan kuliahnya, jangan sampai kesibukan sebagai Putri Kampus Kreatif Jatim menyebabkan tugas-tugas perkuliahan jadi terbengkalai,” pesan Moh. Hasan.

Kini predikat yang disandang Calista tidak hanya Duta Kampus Universitas Jember saja, namun bertambah dengan Putri Kampus Kreatif Jatim 2017. “Selama setahun ke depan, kami berempat bakal melaksanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan bagaimana membentuk wanita aktif yang nantinya bergerak di bidang empowering women sehingga nantinya para wanita tidak hanya sebagai ibu rumah tangga saja, melainkan dapat aktif dalam berorganisasi dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” pungkasnya. (iim)

[:]

Skip to content