MELIHAT P2MABA ALA KAMPUS LUMAJANG

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Lumajang, 31 Oktober 2018

Pepatah mengatakan, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya untuk melukiskan keunikan setiap daerah. Begitu pula dengan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2Maba) di Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, yang memiliki kekhasan tersendiri. Menurut Nurul Hayati, Ketua Program Diploma 3 Keperawatan, kegiatan P2Maba bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter mahasiswa baru yang masih melewati masa transisi, dari atmosfer sekolah menengah atas ke lingkungan perguruan tinggi yang tentu saja, semua itu membutuhkan penyesuaian. Oleh karena itu kegiatan P2Maba di kampusnya disusun sedemikian rupa sesuai dengan karaketristik profesi perawat. Materi yang diberikan mulai sejarah dan selayang pandang Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember, dinamika kelompok, pengembangan karakter, out bond dan ditutup dengan malam inagurasi.

Selain melibatkan dosen, pelaksanaan P2Maba yang diikuti oleh 37 mahasiswa baru juga melibatkan mahasiswa senior dan pengurus himpunan mahasiswa (Hima) Program Studi Diploma 3 Keperawatan. Para senior ini bertugas menjadi pembimbing dan penegak disiplin bagi adik kelasnya. Menurut Nazilah Zahroh, salah satu anggota panitia, penegak disiplin adalah mahasiswa senior yang membantu, membimbing, dan memantau pengembangan karakter mahasiswa baru dengan memberikan penugasan-penugasan dan sanksi apabila mereka melanggar aturan yang sudah disepakati bersama. “Kami membentuk empat kelompok yang masing-masing beranggotakan sembilan atau sepuluh mahasiswa baru. Nama kelompok diambil dari sistem kerja organ tubuh yakni kelompok kardiovaskular, perkemihan, pencernaan, dan pernafasan. Nantinya, nama-nama tersebut berkaitan dengan penugasan-penugasan yang diberikan oleh penegak disiplin,” tutur mahasiswi yang akrab dipanggil Zahroh ini.

Setiap harinya, mahasiswa baru diwajibkan datang ke kampus pukul 06.00 WIB dan menunggu di gerbang masuk sampai pukul 7.30 WIB sembari menunggu semua anggota kelompok lengkap. Setelah semua anggota kelompok datang, peserta diperkenankan masuk oleh penegak disiplin dan dibariskan di halaman untuk mengumpulkan semua penugasan yang sebelumnya telah diberikan dan harus dikerjakan bersama di basecamp tiap kelompok. Usai mengumpulkan penugasan, tiap kelompok dipersilakan memasuki salah satu ruangan, di ruangan tersebut tiap kelompok diminta menjelaskan peta konsep dari penugasan mereka dan menyanyikan yel-yel angkatan, yel-yel kelompok serta mars Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Jam 7.00 WIB tepat, peserta diperkenankan masuk kelas dan para penegak disiplin akan meminta salah satu peserta untuk memimpin rekan-rekannya sarapan kemudian aka nada evaluasi tiap pagi, siang dan sebelum pulang oleh kakak-kakak penegak disiplin. Seperti itulah gambaran kegiatan P2Maba selama empat minggu.

Sementara itu kegiatan out bond dilaksanakan hari Minggu, tanggal 30 September 2018 di Taman Toga, kompleks Stadion Semeru Lumajang. Kegiatan ini diisi jalan santai, games yang bertujuan untuk mengasah ketangkasan dan kekompakan setiap kelompok, yang diakhiri dengan inagurasi. Dalam inagurasi ini setiap kelompok berlomba menampilkan kebolehannya. Tidak hanya mahasiswa baru, para mahasiswa senior juga turut menunjukkan kebolehannya, total ada 10 penampilan siang itu. Acara makin meriah dengan pengumuman predikat kakak “Ter” dan peserta “Ter” oleh panitia P2Maba. Di akhir acara, seluruh mahasiswa baru bergabung dengan seniornya untuk menari bersama diiringi lagu Merah Putih yang semarak Panitia dan penonton pun turut larut dalam suasana tersebut dan ikut menari bersama para peserta P2MABA. Sungguh penampilan yang menarik! (Nazilah Zahroh,Kampus Lumajang)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content