[:id]Kreanova Ramadhan, Hadir Meriahkan Bulan Puasa di Kampus Tegalboto[:]

[:id][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 21 Mei 2019

Setiap kali bulan puasa tiba, seperti sudah menjadi tradisi, wilayah Kampus Tegalboto selalu ramai dengan penjual aneka kebutuhan masyarakat saat menjalani puasa. Dari makanan berbuka puasa hingga pernak pernik menghadapi lebaran. Tidak heran jika sepanjang Jalan Kalimantan, Jalan Jawa, Jalan Sumatera hingga Jalan Mastrip selalu ramai di setiap sorenya. Salah satu lokasi keramaian terletak di pintu gerbang masuk ke Kampus Tegalboto. Setiap sore banyak mahasiswa ngabuburit menunggu saat berbuka puasa di double way Universitas Jember. Apalagi ada Kreanova Ramadhan yang menyediakan beraneka ragam kebutuhan warga Jember, sehingga bulan puasa di Kampus Tegalboto makin meriah.

“Kami memang sengaja membuka Kreanova Ramadhan setiap sore seperti bulan puasa tahun lalu karena sambutan warga sangat positif. Warga senang berbelanja di sini karena Kreanova Ramadhan menyediakan berbagai macam kebutuhan di bulan puasa. Termasuk juga Pak Sulthon Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas turut menyempatkan diri berbelanja di Kreanova Ramadhan,” ujar Sony Harsono, koordinator Kreanova, saat ditemui di Kampus Tegalboto (21/5). Untuk diketahui, Kreanova singkatan dari Kreasi dan Inovasi adalah wadah bagi keluarga besar Universitas Jember yang memiliki jiwa wirausaha.

Untuk diketahui, Kreanova setiap minggunya hadir sebagai kegiatan sunday market dengan beraneka ragam dagangan yang hadir di seputaran lapangan upacara Kampus Tegalboto. “Khusus selama bulan puasa kami membuka Kreanova Ramadhan di setiap sore dari jam tiga sore hingga saat berbuka puasa. Setiap sorenya rata-rata ada 35 penjual yang melapak yang terdiri dari empat puluh persen mahasiswa aktif, lima puluh persen alumni dan sisanya adalah dosen dan karyawan. Tapi Kreanova Ramadhan hanya buka hingga tanggal 19 Mei saja, sebab sesuai musyawarah para anggota, akhir bulan puasa akan digunakan untuk beribadah,” tutur Sony Harsono yang sehari-harinya dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini.

Uniknya, kegiatan Kreanova Ramadhan disemarakkan dengan berbagai kegiatan pendukung yang unik dan kreatif. Misalnya saja mendatangkan instruktur senam zumba sehingga kegiatan ngabuburit menjadi kegiatan yang bermanfaat karena diisi dengan olahraga. Pembeli di Kreanova Ramadhan juga disuguhi hiburan dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti yang ditampilkan oleh UKM Kurusetra dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. “Bahkan ada komunitas tukang cukur rambut yang membuka cukur rambut gratis di ajang Kreanova Ramadhan bagi warga Jember,” imbuh Sony Harsono yang berjanji akan menghadirkan lagi Kreanova Ramadhan di tahun depan. “Seusai bulan puasa, Sunday Market Kreanova akan tetap hadir di setiap hari Minggu seperti biasa mulai tanggal 16 Juni 2019,” pungkas Sony Harsono mengakhiri wawancara. (iim)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][:]

Skip to content