Akuntan Harus Peka Teknologi

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 12 September 2019
Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Universitas Jember gelar Accounting Championship 2019, (12/9). Acara yang digelar di aula lantai III gedung Mas Soerachman ini diikuti oleh 14 tim. Mereka adalah perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Pada tahun ini panitia mengusung tema “Optimize The Role of Youth Accountant Generation to Conquer Artificial Intelligence Era.”
“Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 ini para calon akuntan perlu mengembangkan kemampuan khususnya dalam bidang teknologi informasi yang terkait dengan pekerjaan seorang akuntan. Karena pada era ini beberapa pekerjaan akuntan sudah digantikan oleh mesin,” ujar ketua panitia Sindi Ayu Puspita disela-sela kegiatannya.
Menurut Sindi, pada era revolusi industri 4.0 ini mahasiswa tidak cukup hanya dengan mempelajari buku-buku materi akuntansi. Namun menurut Sindi, untuk mengembangkan potensinya mahasiswa harus mampu mengikuti dan mengusai perkembangan teknologi informasi yang sesuai dengan bidang keilmuannya.
“Jika tidak maka kita akan dikalahkan oleh mesin. Namun jika kita mau belajar lebih baik dan bersungguh-sungguh seperti halnya mengikuti setiap kompetisi-kompetisi sesuai bidang keilmuan maka kita akan menemukan celah peluang yang dapat kita masuki,” jelas Sindi.

Sindi menjelaskan, Accounting Championship ini telah melalui beberapa tahapan. Seluruh peserta akan memperebutkan piala bergilir dari ikatan akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur.
“Hari ini adalah seleksi tahap ke-2. Pada tahap pertama adalah preliminary online yang diikuiti oleh 21 peserta dari PTS dan PTN seluruh Indonesia. Dari 21 itu terpilih 14 tim terbaik untuk diseleksi langsung di kampus Universitas Jember,” pungkasnya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content