Tingkatkan Wawasan Mahasiswa Melalui Kuliah Umum

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 2 Oktober 2019

Jurusan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember gelar kuliah umum di aula lantai II FISIP, (2/10). Kuliah yang diikuti oleh 100 mahasiswa jurusan Hubungan Internasional dari berbagai angkatan ini menghadirkan dua pemateri dari Universitas Gajah Mada.

“Hari ini kami menghadirkan Prof. Mohtar Mas’oed, Ph.D dan Randy W. Nandyatama, Ph.D. Mereka berdua adalah peneliti dari UGM. Kusus untuk Prof. Mas’oed beliau menyampaikan materi terkait gender dan studi HI untuk emansipasi,” ujar ketua jurusan HI Drs. Bagus Sigit Sunarko, M.Si., Ph.D.
Menurut Sigit, kehadiran dua narasumber bidang studi Hubungan Internasional ini akan memberikan arah baru dalam kajian-kajian yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Karena menurut sigit, selama ini kajian mengenai perspektif gender masih sangat sedikit sekali dilakukan oleh mahasiswa dan dosen jurusan Hubungan Internasional.

“Berdasarkan data yang ada sepertinya masih belum ada tugas akhir yang mengulas hal itu. Oleh karenanya ini akan menjadi arah baru dalam bidang riset terkait isu-isu gender dalam Hubungan Internasional. Karena sebetulnya banyak sekali persoalan dimasyarakat yang perlu dikaji dan dicarikan jalan keluar atau solusi melalui kajian-kajian ilmiah,” imbuh Sigit.
Sigit berharap, kegiatan kuliah umum ini akan memberikan peningkatan kualitas dan akselerasi kelulusan mahasiswa jurusan HI, khususnya yang terkait tentang isu-isu hubungan internasional kontemporer.

“Saya ingin agar nantinya kuliah umum ini diikuti pula dengan dibentuknya kelompok riset (Keris) mengenai perspektif gender. Selama ini usulan terkait hal itu sudah ada namun argumentasinya masih kurang sehingga masih belum terbentuk. Adanya kuliah umum ini tentu akan semakin menguatkan argumentasi agar kelompok riset mengenai isu-isu gender itu segera dibentuk,” pungkas Sigit.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content