Tingkatkan Kualitas Lulusan, Universitas Jember Gandeng IIA

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jember, 15 Oktober 2019

Universitas Jember bersama dengan The Institute of Internal Auditors (IIA) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tanggal 14 Oktober 2019 di aula lantai 3 Gedung Soerachman Universitas Jember. Perjanjian ini semakin menegaskan komitmen Universitas Jember untuk terus meningkatkan mutu lulusan khususnya program studi akuntansi dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0.
“Disadari atau tidak pada era revolusi industri 4.0 ini memiliki dampak besar terhadap hilangnya beberapa pekerjaan. Salah satunya adalah pekerjaan seorang akuntan karena saat ini banyak sekali software yang menggantikan peran mereka,” ujar Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember usai melakukan penandatanganan.
Dalam paparan singkatnya Zulfikar mengatakan, untuk bisa bersaing dengan masyarakat dunia lulusan Univesitas Jember tidak cukup hanya dengan modal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi saja. Namun menurutnya, juga perlu ditunjang dengan kompetensi bidang yang tidak bisa digantikan oleh mesin.“Seperti halnya kemampuan dalam bidang audit. Ini menjadi bagian yang tidak akan pernah tergantikan oleh mesin. Karena pembukuan yang dilakukan mesin hanya menghasilkan data yang belum termaknai dan inilah kemudian yang menjadi peran seorang internal auditor,” jelas Zulfikar.

Zulfikar menjelaskan, dengan adanya MoU ini akan menjadi sarana bagi para mahasiswa dalam melakukan praktek langsung terkait bidang audit internal. Karena dalam kerjasama ini IIA menyediakan tempat magang bagi mahasiswa akuntansi baik untuk jenjang Sarjana (S1) maupun Pascasarjana (S2).


“Tentunya dalam proses magang nanti para mahasiswa akan belajar langsung kasus-perkasus yang mereka temui saat ikut serta dalam melakukan audit internal pada sebuah instansi baik swasta ataupun instansi pemerintah. Oleh karena itu saat lulus nanti mereka sudah memiliki gambaran bidang pekerjaan yang bisa mereka tekuni,” pungkas Zulfikar.
Sementara itu Rama Kurnia Governor of Academic Relation Committee IIA mengatakan, Universitas Jember akan memberikan nilai positif terhadap IIA. Karena selain menjadi lembaga auditor IIA juga melakukan penelitian-penelitian terkait perkembangan keilmuan.
“Kerjasama ini akan sangat menguntungkan bagi Universitas Jember maupun IIA sendiri. Karena kita bisa berkolaborasi dalam melakukan penelitian bersama, kami sebagai praktisi dan Universitas Jember sebagai akademisi,” ujar Rama.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Skip to content