Bila Alumnus FTP Universitas Jember Reuni, Kangen-Kangenan Sambil Berbagi Tips Studi Di LN

Jember, 15 Juni2020

 Seperti umumnya reuni, maka diisi dengan saling melepas kangen, maklum sudah lama tak bertemu. Apalagi ditambah dengan merebaknya pandemi Covid-19 membuat mobilitas jadi terbatasi. Akhirnya bersilaturahmi secara daring jadi pilihan. Seperti yang dilakukan oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember yang bersilaturahmi dalam kegiatan webinar bertema “Silaturahmi dan Sharing Session dari Berbagai Negara. Kiat Raih Peluang Sukses Studi Lanjut Luar Negeri”. Kegiatan yang digelar hari Minggu (14/6) ini tak hanya jadi ajang melepas rindu saja, tapi juga berbagi tips bagaimana melanjutkan studi di luar negeri (LN), khususnya bagi para yunior.

Menurut Prof. Yuli Witono, penggagas kegiatan, acara kali ini sengaja dirancang untuk mendorong makin banyak mahasiswa Kampus Tegalboto khususnya mahasiswa FTP yang melanjutkan studi ke LN. “Kami berharap alumnus FTP yang saat ini tengah studi lanjut di luar negeri dapat berbagi bagaimana kisah, kiat sukses, dan pengalamannya kepada sesama alumnus dan yuniornya.  Harapannya makin banyak mahasiswa kita yang berhasil menggapai cita-citanya studi lanjut ke berbagai negara,” jelas guru besar Teknologi Hasil Pangan yang hari itu bertugas menjadi moderator acara webinar.

Salah satu pemateri yang hadir adalah, Asmak Afriliana, dosen FTP yang kini sedang studi doktoral di Prefectural University of Hiroshima (PUH), Jepang. “Banyak pertanyaan yang ternyata justru saya dapatkan jawabannya kala menempuh studi di luar negeri. Misalnya bagaimana cara memanfaatkan kekayaan sumber daya alam kita, khususnya bidang pertanian? Sungguh saya bersyukur bisa melanjutkan studi di luar negeri, sebab menambah wawasan dan kecintaan terhadap Indonesia. Mengapa saya melanjutkan studi ke luar negeri? Sebab saya ingin berbhakti kepada orang tua, serta ingin memberikan manfaat untuk negara,” ungkap dosen yang pernah merasakan penelitian di berbagai negara ini.

Selain dorongan dalam bentuk motivasi, para peserta webinar yang berjumlah 325 orang memperoleh banyak informasi dari para pemateri yang tampil. Dari informasi beasiswa, cara memperoleh beasiswa, bagaimana mendapatkan dosen pembimbing dan promotor, serta informasi penting lainnya. Para pemateri yang tampil antara lain para dosen dan alumnus FTP yang tengah kuliah di PUH Jepang diantaranya  Dyah Ayu Savitri, S.TP., M.Sc. & Dina Mustika, S.TP., M.Sc.; Master Degree from Hiroshima University, Japan,  Ria Dewi Nurani, S.TP. & M. Imam Asrori, S.TP.; Master Student in PUH Japan, Istiqomah, S.TP., M.Sc. & Amalia Dyah Arumsari, S.TP.; Master Student & Degree from National Chiayi University (ROC), Taiwan, Nurud Diniyah, S.TP., MP.; Ph.D Student in KNU Korea, M. Choiron, S.TP., M.Sc.; Ph.D. student in University of Agriculture & Technology, Tokyo & Riska Rian Fauziah, S.Pt., MP.; Ph.D. student in PUH Japan, Aisyah Humairoh, S.TP. & Afan Bagus Mananda, S.TP.; Master Student in PUH Japan, Yoshinta Puspitasari, S.TP.; Master Student Candidate toward Wageningen Univ, Netherlands, Lailatul Azkiyah, S.TP., MP. Ph.D. student in PUH Japan.

Acara silaturahmi dan sharing session diikuti oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Iwan Taruna berharap dengan adanya acara ini dapat memberikan prespektif wawasan internasional dan membuat jaringan internasional, sekaligus mendorong makin banyak mahasiswa dan alumnus Universitas Jember yang kuliah di luar negeri. “Studi di luar negeri itu menempa kemandirian, meningkatkan kemampuan bahasa asing, banyak menginspirasi, serta membuka wawasan selain tentunya menambah ilmu. Tidak hanya berguna bagi diri sendiri, tentu saja memberikan manfaat bagi Universitas Jember dalam mengembangkan jejaring,” tutur Iwan Taruna yang semasa awal meniti karier sebagai dosen juga berkesempatan melanjutkan studi ke LN.

Turut hadir Prof. Bambang Kuswandi selaku koordinator Tim Taskforce Akselerasi Pelaksanaan dan Pengendalian Program Prioritas Rektor (AP4R) bidang Akademik, Riset, Inovasi dan Kemahasiswaan. Dalam arahannya, guru besar Fakultas Farmasi ini berharap webinar kali ini dapat terus dikembangkan menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi, menjalin kerjasama dengan mitra di luar negeri melalui magang penelitian yang dapat membuka peluang untuk mahasiswa undergraduate dapat menjadi peneliti tidak hanya di tingkat nasional, akan tetapi juga bisa ditingkat internasional. (dean/iim)

Skip to content