“Annual Scientific Conference of Applied Bio and Food Sciences 2021 (AnSciCon 2021)” Kerjasama Online Mahasiswa Antar Benua

Sebagai salah satu implementasi kerjasama bilateral antara Universitas Jember (UNEJ) – Indonesia dan Flensburg University of Applied Sciences (FUAS) – Jerman, para mahasiswa kedua universitas telah bekerja sama secara online untuk mewujudkan AnSciCon 2021. Kegiatan ini merupakan “Joint International Student’s Conference” dengan organizer utama adalah mahasiswa. Kegiatan yang merupakan hasil “adaptasi kerjasama” dalam era pandemi Covid-19, telah berlangsung dengan sukses pada 21 Januari 2021 pkl 09.00-14.00 waktu Jerman atau 15.00-20.00 waktu Indonesia, dengan 85 peserta dari kedua negara. Walaupun main host-nya adalah FUAS, tetapi panitia adalah mahasiswa yang berasal dari kedua universitas, sementara peserta adalah dosen dan mahasiswa dari kedua universitas juga. Pada kesempatan tersebut, kedua pimpinan Universitas, Dr. Iwan Taruna, M.Eng (Rektor UNEJ) dan Dr. Christoph Jansen (Presiden FUAS), memberikan kata pembuka sebagai apresiasi atas terealisirnya kerjasama antar mahasiswa yang luar biasa, walaupun online, antar benua bahkan dengan perbedaan waktu 6 jam. Hal ini sangat menyemangati para mahasiswa sebagai organizer acara.

Konferensi ini diselenggarakan oleh siswa untuk siswa dalam kerangka program Master “Applied Bio and Food Science “. Ini menggambarkan hubungan penelitian dan inovasi produk yang dikembangkan pada masing masing universitas. Permintaan untuk makanan masa depan dan produksi bahan bakar bebas fosil berdasarkan pendekatan bioteknologi meningkat dan diakui oleh para pembuat keputusan di bidang sains, politik dan industri. Tahun ini, mahasiswa FUAS bergabung dengan mahasiswa dari Universitas Jember di Indonesia, mereka bangga dengan karakter internasional ini yang mencerminkan konteks universalitas bahasa sains, di mana sains modern muncul. Mereka berharap walaupun perjalanan fisik dan pertukaran siswa tidak memungkinkan untuk saat ini tetapi, mereka telah berhasil menunjukkan bahwa kerjasama internasional juga dimungkinkan dalam kondisi Corona. Selama konferensi, mahasiswa mempresentasikan hasil yang mereka peroleh selama semester proyek program Master “Applied Bio and Food Science “. Selain presentasi, mahasiswa serta profesor dan program koordinator dapat berdiskusi dalam break out room yang disediakan. Selain itu bagi para mahasiswa indonesia yang tertarik dengan Program Master FUAS ini disediakan juga informasi terkait program studi tersebut yang diberikan oleh International Office juga para Professor yang mensupervisi Program tersebut.

berikut link hasil wawancara : https://fb.watch/3j-JTpZbb2/.

Skip to content