Universitas Jember Bantu STIE Mandala Berubah Jadi Institut

Jember, 27 Mei 2021
Universitas Jember bakal membantu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember yang berencana berubah menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember. Komitmen ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, saat bertemu Ketua STIE Mandala, Suwignyo Widagdo, dalam diskusi sekaligus penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) yang digelar di ruang kerja Rektor Universitas Jember (27/5). Bantuan yang akan diberikan diantaranya berupa pendampingan dalam pendirian program studi baru, peningkatan kualitas dosen melalui studi jenjang Pascasarjana dan bentuk kerjasama lainnya.

Menurut Rektor Universitas Jember, pendidikan tinggi adalah tanggung jawab semua pihak termasuk di dalamnya ada peran serta aktif dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pasalnya tidak mungkin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang jumlahnya di Indonesia terbatas akan mampu menampung semua lulusan SMA sederajat. Oleh karena itu menjadi salah satu tugas PTN untuk bersinergi dengan PTS agar kapasitasnya makin berkembang sehingga makin banyak anak bangsa yang berkesempatan menuntut ilmu di bangku kuliah perguruan tinggi.

“Universitas Jember berkomitmen membantu PTS di wilayah Besuki Raya, dan sudah dilakukan dalam berbagai program semenjak tahun 2015 lalu. Diantaranya melalui penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Jember dengan PTS di wilayah Besuki Raya dalam wadah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau SBMPTBR. Penandatanganan MoU hari ini mempertegas kembali jalinan kerjasama yang sudah ada. Apalagi jika ditilik dari sisi kesejarahan, berdirinya STIE Mandala yang awalnya bernama ABM Mandala juga dibantu para dosen Universitas Jember khususnya para dosen dari Fakultas Ekonomi kala itu,” ungkap Iwan Taruna.

Pagi itu kunjungan Suwignyo Widagdo ke kampus Tegalboto didampingi para wakilnya, diantaranya Wakil Ketua I, Agustin HP dan Wakil Ketua II Yuniorita Indah. Mereka diterima oleh Rektor Universitas Jember yang didampingi oleh Wakil Rektor II, Sri Hernawati dan Wakil Rektor III, Prof. Bambang Kuswandi. Dalam kesempatan ini Suwignyo Widagdo menjelaskan, pihaknya kini tengah terus mematangkan persiapan perubahan status STIE Mandala menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala. Diantaranya dengan menambah dua program studi di lingkup teknologi informasi dan komunikasi yang akan fokus kepada sistem informasi manajemen.

“Oleh karena itu kami bermaksud memperbaharui jalinan kerjasama dengan Universitas Jember, sehingga nanti akan ada kerjasama semisal pendampingan dalam rangka pembentukan dua program studi baru yang akan fokus pada sistem informasi manajemen, mengingat Universitas Jember sudah memiliki Fakultas Ilmu Komputer. Kami juga mengirimkan dosen untuk studi S2 dan S3 di Kampus Tegalboto,” jelas Ketua STIE Mandala yang juga alumnus Universitas Jember ini. (iim)

Skip to content