Rektor Universitas Andalas Padang Kunjungi Kampus Tegalboto

Jember, 31 Mei 2021
Rektor Universitas Andalas Padang, Prof. Yuliandri mengunjungi Kampus Tegalboto Universitas Jember (31/5). Kunjungan kali ini dalam rangka penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara Universitas Andalas dengan Universitas Jember. Salah satu butir penting kerjasama yang akan dijalin antara lain menyukseskan pelaksanaan pertukaran mahasiswa dan dosen dalam rangka Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah diluncurkan oleh Kemendikbudristek. Kedatangan Rektor Universitas Andalas disambut langsung Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna bersama para Wakil Rektor.

Dalam sambutannya, Prof. Yuliandri bersyukur bisa mengunjungi Kampus Tegalboto guna berdiksusi bersama kolega dari Universitas Jember. “Sebenarnya kerjasama antara dua PTN sudah ada, namun dengan adanya Program MBKM maka jalinan kerjasama ini makin ditingkatkan terutama dalam memberikan wahan bagi mahasiswa dan dosen yang mendapatkan hak untuk kuliah atau melakukan kegiatan akademik lainnya di luar kampusnya. Kedua, tentu saja MoU ini akan membuka peluang kerjasama yang lebih luas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Rektor Universitas Andalas yang didampingi Wakil Rektor IV, Hefrizal Handra dan Ketua Senat Akademik, Prof. Werry Darta Taifur serta pimpinan lainnya.

Pernyataan Prof. Yuliandri disambut hangat Iwan Taruna. Menurut Rektor Universitas Jember, masing-masing PTN memiliki keunggulan yang jika dikolaborasikan maka akan memberikan manfaat bagi masing-masing PTN maupun masyarakat luas. “Misalnya saja Universitas Jember perlu belajar kepada Universitas Andalas bagaimana mengelola dan menjalankan sebuah Badan Layanan Umum mengingat status BLU diraih Universitas Andalas semenjak tahun 2009 lalu. Saya berharap MoU kali ini segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama di tingkat fakultas dan lembaga,” ungkapnya. Untuk diketahui acara penandatanganan MoU dilaksanakan secara luring terbatas di aula lantai III gedung rektorat dan daring.

Penandatanganan MoU langsung disambut oleh para dekan di lingkungan Universitas Jember yang mengikuti secara daring. Seperti yang disampaikan langsung oleh Dekan FISIP, Djoko Poernomo. “Kami di FISIP langsung menindaklanjuti MoU kali ini, rencananya pada tanggal 2 Juni nanti akan ada penandatanganan perjanjian kerja sama secara daring antara FISIP Universitas Jember dengan FISIP Universitas Andalas dalam rangka MBKM,” kata Djoko Poernomo. Rencana menjalin kerjasama juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum. “Puskapsi FH Universitas Jember sudah menjalin kerjasama dengan PUSaKO Universitas Andalas khususnya dalam mengembangkan kajian-kajian di bidang Hukum Tata Negara. Dengan adanya MoU ini maka kerjasama yang ada makin berkembang,” imbuh Dekan Fakultas Hukum, Bayu Dwi Anggono. (iim)

Skip to content