Universitas Jember dan PT Astra Internasional Bantu Petani Kopi Terdampak Covid-19 di Bondowoso

Jember, 3 September 2021
Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) bersama PT. Astra Internasional membantu petani kopi Bondowoso yang terdampak Covid-19. Bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan vitamin diperuntukkan bagi 450 petani yang ada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Ijen, Bondowoso. Pemberangkatan bantuan dilepas secara langsung oleh Rektor Universitas Jember didampingi oleh Ketua LP2M Universitas Jember di halaman gedung Rektorat (3/9).

Menurut Ketua LP2M Universitas Jember, Prof. Yuli Witono, bantuan bagi petani kopi Bondowoso yang terdampak Covid-19 dikemas dalam kegiatan Nurani Astra 2021. Untuk paket bantuan disiapkan dan dikemas oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Universitas Jember. “Seperti yang diketahui, LP2M Universitas Jember bersama PT. Astra Internasional memiliki program Desa Sejahtera Astra yang membina petani kopi di Bondowoso. Selama pandemi Covid-19 ini kami mengamati banyak petani yang terdampak, oleh karena itu kami bersama PT. Astra Internasional tergerak membantu mereka,” ujar Prof. Yuli Witono.

Sementara itu Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengapresiasi kegiatan Nurani Astra. Menurutnya kata kunci menghadapi masa pandemi Covid-19 adalah kolaborasi. Pasalnya tidak mungkin pemerintah sendirian mengatasi pandemi Covid-19. Seperti yang dikonsepkan dalam Pentahelix dimana kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, komunitas dan media massa dapat menyelesaikan suatau masalah. “Kita harus bersyukur karena dikaruniai kesehatan dan masih bisa beribadah membantu sesama melalui kegiatan Nurani Astra. Sekaligus membuktikan bahwa dunia perguruan tinggi selalu membumi tidak menjadi menara gading,” pesan Iwan Taruna. (iim)

Skip to content