Kerja Keras Azkiel Fikrie Hingga Menjadi Ners

Jember 29 Oktober 2021

Terlahir dari keluarga buruh tani tidak membuat Azkiel Fikrie menyederhanakan cita-citanya. Walau dirinya sadar dengan keterbatasan ekonomi yang dimiliki, pria yang akrab disapa Azkil ini terus berjuang mencari peluang agar bisa mewujudkan cita-citannya untuk menjadi ners. Kini Azkil resmi menjadi Ners usai mengikuti acara Angkat Sumpah dan Pelantikan Ners Periope III Tahun 2021, Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Jember di Gedung Auditorium tanggal 28 Oktober kemarin.

“Sejak kelas 3 SMA saya mencari informasi terkait beasiswa Bidikmisi. Alhamdulillah sekolah saya mempermudah mekanisme pengajuan beasiswa Bidikmisi hingga akhirnya saya bisa kuliah di Kampus Keperawatan Universitas Jember,” kata Azkil saat diwawancara Humas Universitas Jember,(29/10).

Azkil bersyukur karena melalui program Bidikmisi dirinya tidak hanya bisa kuliah secara gratis. Namun sulung dari dua bersaudara ini juga berhasil membantu ekonomi keluarga melalui ternak kambing yang dia miliki.

Azkil menuturkan, sejak semester 3 dirinya terbiasa menyisihkan sebagian dari dana beasiswa yang dia terima. Kemudian dana yang sudah terkumpul Azkil belikan sepasang kambing hingga beranak-pinak.

“Saya menginvestasikan sisa hasil beasiswa tersebut untuk membeli hewan ternak yang nantinya menjadi investasi saya dimasa depan. Sebagian dijual untuk tambahan biaya pendidikan dan membantu keluarga meskipun masih tidak ada apa-apanya dengan perjuangan orang tua,” ujar Azkil.

Lebih jauh Azkil menceritakan, halangan yang selama ini dia rasakan rupanya tidak selalu menjadi penghalang untuk meraih cita-cita. Menurutnya, dengan kemauan dan etikat keras halangan yang dia miliki ternyata berubah menjadi kesempatan.

“Kambing itu adalah investasi saya dimasa depan untuk mendukung pendidikan saya selanjutnya. Karena sekarang saya memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan ke jenjang S2. Siapa tau suatu saat saya bisa menjadi dosen,” jelas Azkil.

Skip to content