Universitas Jember Cup VIII Kembali Digelar, Tim Universitas Jember B Jadi Juara

Jember, 1 November 2021
Setelah sempat ditunda akibat pandemi Covid-19, akhirnya kejuaran tenis lapangan tahunan antar instansi bertajuk Universitas Jember (UNEJ) Cup VIII kembali digelar. Selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu (29-31/10) sebanyak 13 tim bertanding memperebutkan piala bergilir Rektor UNEJ yang pada kejuaraan UNEJ Cup VII lalu diboyong oleh tim Polda Jatim. Kejuaraan UNEJ Cup VIII dibuka langsung oleh Rekor Universitas Jember, Iwan Taruna di lapangan tenis indoor Universitas Jember di Kampus Tegalboto (29/10).

Menurut ketua panitia kegiatan, Prof. Sutriono, ajang UNEJ Cup VIII dilaksanakan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 belum usai. Untuk itu panitia menempuh cara menyiapkan petugas kesehatan yang akan melaksanakan swab antigen pada setiap atlet. Panitia juga membagi dua lokasi pertandingan di lapangan tenis Kampus Tegalboto dan lapangan tenis Polije Jember. “Tahun ini ada 13 tim dari berbagai instansi di Jawa Timur yang berpartisipasi, setiap tim umumnya terdiri dari 10 orang. Mereka ini akan turun di kategori ganda beregu. Selain kategori ganda beregu, ada kategori ganda umum dengan peserta sejumlah 36 orang,” jelas Prof. Sutriono.

Pria yang juga Dekan Fakultas Pertanian ini lantas menambahkan penjelasannya. “Pada kategori ganda beregu, setiap tim diwakili tiga pasang pemain dengan aturan pasangan pertama dengan gabungan usia 90 tahun, pasangan kedua gabungan usia 100 tahun dan pasangan ketiga dengan gabungan usia 110 tahun. Sementara untuk kategori ganda perorangan tak ada batasan gabungan usia,” imbuhnya. Beberapa tim yang hadir diantaranya Tim Universitas Negeri Surabaya, Tim Universitas Brawijaya, Tim Universitas Negeri Malang, Tim Polda Jatim, Tim PDAM Malang dan tim lainnya. Sementara tuan rumah Universitas Jember, menurunkan dua tim.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember bersyukur akhirnya ajang lomba tenis lapangan tahunan ini bisa digelar kembali. Untuk diketahui tahun 2020 lalu UNEJ Cup VIII terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19 yang mengganas. “Tentu kami bersyukur ajang tahunan ini bisa dilaksanakan lagi tahun ini. Ajang UNEJ Cup bukan semata pertandingan semata, namun juga menjalin silaturahmi antar instansi dan membina jiwa sportivitas. Dan jangan lupa, kegiatan tenis ini dalam rangka menyemarakkan peringatan Dies Natalis ke 57 Universitas Jember,” ujar Iwan Taruna yang didaulat melakukan pukulah forehand sebagai tanda dibukanya acara.

Tampil sebagai juara di kategori ganda beregu adalah tuan rumah melalui tim Universitas Jember B yang dibabak final mengalahkan tim PLN Jawa Timur. Sementara posisi ketiga diraih bersama oleh tim Kodam Brawijaya dan tim Universitas Negeri Malang. Sebelumnya di babak penyisihan tim Universitas Jember B mengalahkan tim Universitas Brawijaya dan tim Universitas Negeri Surabaya. Di babak semifinal tuan rumah bertemu tim unggulan, Kodam V Brawijaya, namun berkat permainan apik, tim B yang beranggotakan Prof. Sutriono, M. Jamal, Susilo, Yuliono, Vierta, Iswahyudi dan Agus Lestariono melaju ke babak final. “Alhamdulillah, di babak final kita berhasil mengalahkan tim PLN Jawa Timur. Keberhasilan ini menjadi modal untuk berlaga di kejuaraan selanjutnya,” ungkap Prof. Sutriono sang kapten tim.

Sementara di kategori ganda perorangan pasangan Agung Bagus-Boege M dari tim PDAM Malang menjadi yang terbaik setelah mengandaskan perlawanan pasangan Onggo-Rahmad Hidayat dari tim Bank Jatim. Sedangkan di posisi ketiga dibawa pulang pasangan Panji Bana-Dani Primanata dari tim Universitas Negeri Surabaya, bersama Indra Utomo-Farras Haidar dari tim Pelindo Daya Sejahtera. (iim)

Skip to content