Keutamaan Amal Di Bulan Ramadan

Jember, 11 April 2022
Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan yang mulia. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Oleh karena itu dibulan Ramadan ummat muslim berlomba-lomba dalam memperbanyak amal kebaikan. Namun ada amalan yang memiliki nilai keutamaan lebih saat dilakukan di bulan Ramadan sebagaimana disampaikan oleh KH. Badrud Tamam saat memberikan siraman rohani di Masjid Al-Hikmah Universitas Jember, (08/04).
Pertama, membaca Al Quran. Membaca Al-Quran di bulan Ramadan sangat dianjurkan. Karena selain mencontoh kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad pahala membaca Al Quran di bulan Ramadan memiliki keutamaan pahala dilipat gandakan. Bahkan menurutnya hitungan pahala membaca A Quran adalah setiap huruf yang dibaca. Oleh karena itu dia mengajak gar ummat muslis bisa menyempatkan diri untuk membaca Al Quran di tengah kesibukan.


“Jika sebelum bulan Ramadan istirahatnya biasa lari ke kantin atau warung sekarang diganti, dari pada tidur mendingan diganti dengan membaca Al-Quran. Membacanya tidak harus banyak yang penting istiqomah,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qornain ini.
Kedua menurutnya adalah Solat. Secara umum memperbanyak amalan solat sunnah di bulan Ramadan sangat diutamakan. Banyak sekali solat sunnah yang dapat dikerjakan. Seperti halnya solat taraweh yang hanya dilakukan disepanjang malam dibulan Ramadan.
“Silahkan lakukan solat taraweh. Tidak masalah mau ambil berapa rokaat. Mau solat 11 rokaat bersama witir silahkan saja mau ambil 23 juga tidak apa-apa. Yang penting solat. Tidak ada yang salah baik 11 maupun 23 rakaat yang salah itu kalo tidak solat,” jelas Kyai Tamam.
Amalan lain yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dibulan Ramadan adalah infaq dan sedekah. Menurut Kyai Tamam, seluruh amalan yang dilakukan dalam bulan Ramadan akan dilipat gandakan pahalanya termasuk sedekah atau membantu meringankan orang yang membutuhkan.
“Termasuk mengeluarkan infaq dan sedekah bagi mereka yang membutuhkankan. Banyak sekali keutamaan yang di berikan Allah termasuk melipat gandakan sedekah kita menjadi 100 bahkan 700 kali lipat,” jelas Kyai Tamam.

Skip to content