Sambut Hari Lahir Pancasila Universitas Jember Gelar Semarak Bulan Pancasila

Jember, 30 Mei 2022
Tanggal 1 Juni diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Lahir Pancasila. Menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila, Universitas Jember (UNEJ) menggelar rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila selama bulan Juni 2022. Berbagai kegiatan digelar, dari kegiatan akademis seperti Deklarasi meneguhkan UNEJ sebagai kampus Pancasila, peluncuran taman edukasi kebangsaan, seminar nasional, kuliah kebangsaan, anugerah guru PPKN terbaik, anugerah kepala desa Pancasila hingga cerdas cermat Pancasila untuk siswa tingkat SMA sederajat. Ada pula kegiatan bernuansa seni budaya yang mengagendakan lomba paduan suara, lomba twibbon dan lomba Tik Tok bertema Pancasila dalam perbuatan sampai malam puncak anugerah prestasi yang menampilkan berbagai seni budaya seperti reog.

Menurut Rektor UNEJ, sebagai perguruan tinggi yang menyatakan diri sebagai Kampus Kebangsaan yang religius, UNEJ berkomitmen untuk selalu turut serta dalam mengembangkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila. Beragam cara sudah dilakukan oleh UNEJ diantaranya memasukkan mata kuliah Pancasila dalam kurikulum perkuliahan, kerjasama dengan BPIP, MPR, Kementerian Koordinator PMK dan BNPT melalui berbagai aktivitas akademik, mendirikan pusat pengkajian Pancasila, dan semarak ramadhan untuk menumbuhkembangkan toleransi dan moderasi beragama, dan berbagai usaha lainnya salah satunya dengan menggelar kegiatan Semarak Bulan Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Nasional. “Kami, keluarga besar UNEJ akan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila Nasional yang tahun ini dipusatkan di kota Ende, NTT, secara daring di auditorium UNEJ tepat pada tanggal 1 Juni. Nanti seluruh peserta upacara akan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengingatkan betapa kayanya khazanah budaya Indonesia. Dalam kesempatan upacara Hari Lahir Pancasila ini pula, keluarga besar UNEJ akan melaksanakan deklarasi meneguhkan UNEJ sebagai kampus Pancasila serta menolak segala bentuk intoleransi, radikalisme, ekstrimisme dan terorisme. Sekaligus meluncurkan taman edukasi kebangsaan, serta launching Semarak Bulan Pancasila,” jelas Iwan Taruna.

Iwan Taruna lantas menambahkan, selanjutnya akan ada dua kegiatan akademis besar yang akan digelar yakni seminar nasional bertema “Relasi Negara dan Agama dalam Perspektif Pancasila” yang akan menghadirkan pembicara utama pimpinan MPR bersama Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIB), serta dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Pengurus Pusat Muhammadiyah. Seminar nasional dijadwalkan dilaksanakan pada pertengahan Juni. Sementara untuk kuliah kebangsaan pada 25 Juni 2022, kami berencana mengundang KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai pembicara utama,” imbuh Rektor Universitas Jember.

Rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila akan dipuncaki dengan Malam Penganugerahan Prestasi Pancasila pada akhir Juni 2022. Selain menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya bangsa, di acara ini akan diserahkan penghargaan bagi mereka yang berprestasi dan menjadi pemenang berbagai lomba yang sudah digelar. “Kami akan menetapkan guru mata pelajaran PPKN terbaik berdasarkan model pembelajaran PPKN yang mereka laksanakan, serta memilih kepala desa mitra Universitas Jember berprestasi sebagai bentuk apresiasi kami bagi kepala desa yang sudah membangun desanya berdasarkan nilai Pancasila,” pungkas Iwan Taruna. (iim)

Skip to content