Tingkatkan Profesionalisme, Pascasarjana Universitas Jember Gelar Uji Kompetensi SDM

Jember, 23 Juli 2022
Guna meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang layanan, Pascasarjana Universitas Jember menggelar kegiatan Uji Kompetensi SDM bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. Menurut Direktur Pascasarjana, Prof. M. Arief Amrullah, sebagai lembaga yang menyelengarakan pendidikan lanjutan jenjang strata dua (S-2) dan jenjang strata tiga (S-3), maka segenap dosen dan tenaga kependidikan di Pascasarjana Universitas Jember dituntut dapat memberikan layanan terbaik mengingat mitra yang dilayani memiliki latar belakang dan kebutuhan yang relatif berbeda jika dibandingkan dengan mahasiswa jenjang sarjana (S-1). Kegiatan uji kompetensi SDM ini menjadikan Pascasarjana Universitas Jember sebagai unit kerja pertama di Universitas Jember yang seluruh tenaga kependidikannya memiliki sertifikat uji kompetensi SDM.

Direktur Pascasarjana UNEJ, Prof. M. Arief Amrullah didampingi Wakil Direktur II, Budhy Santoso (kanan) membuka acara

“Dalam keseharian terkadang ada pertanyaan, apakah seseorang kompeten atau tidak dalam melakukan tugas-tugasnya khususnya di bidang layanan umum. Dengan kegiatan uji kompetensi SDM ini maka kami mencoba menjawab keraguan tadi. Sebab semua tenaga kependidikan di Pascasarjana telah memiliki sertifikat kompetensi SDM sehingga diharapkan layanan kepada mitra kami akan lebih baik lagi. Kami memandang SDM adalah aset utama yang kualitasnya wajib ditingkatkan secara berkala. Bahkan dalam waktu dekat kami juga berencana memberikan latihan kepribadian agar semua tenaga kependidikan yang menjadi ujung tombak layanan mampu memberikan layanan paripurna,” jelas Prof. M. Arief Amrullah.

Selama tiga hari (22-24/7), sebanyak 40 peserta berkosentrasi menerima materi berupa pengembangan SDM, administrasi umum, layanan publik dan materi lainnya di bawah bimbingan dan pengawasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi MSDM Universal Surabaya. Mereka terdiri dari 14 orang tenaga kependidikan, 5 orang dosen, 15 orang mahasiswa dan 6 orang alumni. Dan di akhir kegiatan diadakan uji kompetensi SDM. Yang sedikit membedakan uji kompetensi SDM yang diadakan oleh Pascasarjana adalah pelibatan mahasiswa dan alumni. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Direktur Pascasarjana Bidang Umum dan Keuangan, Budhy Santoso.

“Kami sengaja memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk turut serta sebab mahasiswa kami banyak yang berlatar belakang pegawai sehingga perolehan sertifikat uji kompetensi SDM akan memberikan nilai tambah bagi mereka setelah menyelesaikan studi dan kembali ke lingkungan kerja. Selain tentu saja ikut dalam uji kompetensi akan melengkapi butir kegiatan di Surat Keterangan Pendamping Ijazah lulusan Pascasarjana Universitas Jember. Kami juga memberikan kesempatan bagi alumni untuk mengikuti uji kompetensi sebagai salah satu bentuk perhatian, membina hubungan baik sekaligus membangun jejaring,” ungkap Budhy Santoso. (iim)

Skip to content