Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Wakil Rektor I Universitas Jember : Jadi Mahasiswa Masa Kini Harus Banyak ‘Piknik’

Jember, 29 Juli 2022
Bulan Agustus dalam kalender akademik perguruan tinggi menjadi bulan dimana mahasiswa mulai melaksanakan perkuliahan, termasuk bagi mahasiswa baru. Biasanya dimulai dengan masa pengenalan kampus yang di Universitas Jember dinamakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB). Ada pesan menarik dari Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember bagi calon mahasiswa baru yang akan memasuki fase baru dalam kehidupannya. Menurut Prof. Slamin jadi mahasiswa masa kini haruslah banyak piknik !

“Piknik yang saya maksudkan adalah mengikuti banyak kegiatan di luar kampus seperti yang sudah ada dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dijalankan oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Ada banyak program yang memfasilitasi mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus sehingga mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Misalnya saja mengikuti pertukaran mahasiswa, magang di perusahaan atau instansi, menjalankan proyek kemanusiaan, menjadi pengajar di berbagai daerah, bahkan mahasiswa bisa kuliah di luar negeri. Jadi, mahasiswa bisa piknik ke berbagai daerah dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Bakal rugi lho jika kesempatan emas ini dilewatkan begitu saja,” jelas Prof. Slamin di sela-sela rapat evaluasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Jember 2022 (29/7).

Adanya program MBKM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar hal baru di luar keilmuan yang selama ini ditekuni. Menurut Prof. Slamin kesempatan ini perlu diambil mengingat di saat ini kita tidak bisa selalu memprediksi masa depan secara akurat gara-gara perubahan yang makin kerap terjadi. Maka jika mahasiswa memiliki kemampuan untuk belajar banyak hal baru, mereka akan menjadi pribadi yang adaptif yang diproyeksikan mampu bertahan di era Revolusi Industri 4.0. Bahkan lulusan perguruan tinggi yang sudah menyandang gelar pun perlu tetap harus belajar mengingat derasnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu dalam kegiatan PKKMB 2022 nanti, informasi mengenai berbagai kegiatan yang ada di program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka akan disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2022. Harapannya, sedari dini akan muncul keinginan mengikuti program yang ada dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan masing-masing mahasiswa. Dalam kegiatan PKKMB 2022 mahasiswa baru juga akan menerima materi terkait cara belajar di perguruan tinggi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, bahaya radikalisme dan narkoba serta materi lainnya.

Universitas Jember sendiri telah menyelesaikan seluruh proses penerimaan mahasiswa baru angkatan tahun 2022. Untuk tahun ini Universitas Jember membuka empat jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). Selanjutnya semua calon mahasiswa baru ini akan dilantik secara resmi oleh Rektor menjadi mahasiswa baru Universitas Jember pada tanggal 15 Agustus 2022.

Di akhir pembicaraan, pria berdarah Madura yang suka guyon ini berharap seluruh mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2022 benar-benar memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di bangku perguruan tinggi. Pasalnya dari sekian ribu siswa yang mengikuti berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN rata-rata hanya sekitar sepuluh persen saja yang diterima. “Oleh karena itu jadilah mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan atau non akademik serta aktif di kegiatan kemahasiswaan. Dan ingat jangan jadi mahasiswa TGT alias Tang Ghentangan atau rebahan saja dalam Bahasa Madura,” pungkas Prof. Slamin sambil tertawa. (iim)

Skip to content