Satu Rasa, Satu Karsa!

FH Universitas Jember Gelar Temu Alumni Nasional

 Jember, 15 Agustus 2022

            Hari Sabtu (13/8)lalu kampus Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember terasa berbeda. Ratusan alumni FH berkumpul kembali, bernostalgia bersilaturahmi dan mengenang memori di kampus yang kini mengusung motto Ilmu, Amal, Integritas. Mereka berkumpul dalam acara Temu Alumni Nasional 2022 dengan semangat “Satu Rasa, Satu Karsa”. Acara Temu Alumni Nasional diisi dengan beberapa kegiatan seperti senam bersama, jalan santai, peresmian Pusat Layanan Terpadu Alumni dan Mahasiswa FH Universitas Jember, Alumni FH Universitas Jember Berbagi, serta Musyawarah Nasional Alumni FH Universitas Jember.

Beberapa alumni FH Universitas Jember yang hadir diantaranya Suharto, S.H., M.Hum., selaku Hakim Agung Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Nurul Ghufron, SH., M.H selaku Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan beberapa alumni lainnya. Turut menyemarakkan kegiatan Rektor Universitas Jember bersama para wakil rektor. Rangkaian kegiatan diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan jalan santai.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peresmian Pusat Layanan Terpadu Mahasiswa dan Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember oleh Rektor Universitas Jember didampingi oleh Dekan FH Universitas Jember. Menurut Dekan FH Universitas Jember, Bayu dwi Anggono, Pusat Layanan Terpadu Mahasiswa dan Alumni ini merupakan yang pertama di Universitas Jember. Sementara itu Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, mengapresiasi pendirian PLT di Fakultas Hukum. Menurutnya inovasi ini menunjukkan FH Universitas Jember responsif  mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman sehingga perlu dicontoh fakultas lain. 

“Pusat Layanan ini merupakan wujud dari pelaksanaan birokrasi melayani dalam rangka pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi FH Universitas Jember. Pusat Layanan Terpadu atau PLT dihadirkan untuk memberikan kemudahan-kemudahan dan kenyamanan bagi mahasiswa. Terdapat 31 layanan yang dapat diakses, diantaranya permohonan UTS/UAS Susulan, permohonan transkip nilai, konsultasi pengajuan kegiatan dan berbagai layanan lainnya,” jelas Dekan FH Universitas Jember.

Seperti layaknya temu alumni, dalam acara ini para alumni dapat kembali bersilahturahmi dan bernostalgia di fakultas tercinta. “Temu Alumni Nasional ini menjadi acara yang penting karena sesungguhnya hubungan antara perguruan tinggi dan alumni tidak dapat dipisahkan dalam rangka menjalankan tugas mulia menghasilkan lulusan yang unggul. Alumni memiliki peranan yang sangat penting untuk majunya sebuah institusi. Beberapa kegiatan yang ada di FH Universitas Jember juga tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh alumni. Diharapkan dengan adanya Temu Alumni Nasional ini dapat menjadi ajang silaturahmi sehingga alumni dan FH Universitas Jember dapat bergotong royong membangun almamater tercinta menjadi lebih baik kedepannya,” imbuh Bayu Dwi Anggono.

Tak hanya berhenti dikemeriahan acara, Temu Alumni Nasional FH Universitas Jember juga menggelar musyawarah nasional. Dalam ajang ini terpilih secara mufakat Dr. Ivan Yustiavandana, S.H., LL.M sebagai Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) Komisariat Fakultas Hukum. Terpilihnya Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebagai Ketua KAUJE Komisariat Fakultas Hukum diharapkan mampu mengawal kemajuan FH UNEJ sekaligus mempererat solidaritas jejaring alumni di berbagai profesi. (Aurellia Nadya Kusmarin)

Skip to content