Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Prodi Sastra Inggris Undang Pakar Linguistik dari Australian National University Berikan Kuliah Umum

Jember [7/9/2022]. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember (FIB UNEJ) menyelenggarakan kuliah umum dengan topik “Contemporary Syntactic Theories & Lexical-Functional Grammar: an Overview of Current Trends in Typological Context” pada hari Selasa, 6 September 2022. Hadir sebagai pemateri  Prof. I. Wayan Arka, M.A., M.Phil., Ph.D. pakar linguistik dari Australian National University (ANU) QS 100 (Word Class University) dengan moderator Dr. Dina Dyah Kusumayanti, M.A. Kuliah umum (guest lecturer) dilaksanakan di Aula Sutan Takdir Alisjahbana FIB UNEJ dan berlangsung secara hybrid. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB.

Kuliah umum dengan mengahdirkan pakar lingistik ini dari Australian National University (ANU) QS 100 (Word Class University) ini adapt terselenggara karena pada bulan Juli 2022 memenangi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 1. Hibah ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat program studi mencapai kinerja yang dapat diakui di tingkat internasional. Salah satu kegiatan yang diusulkan melalui pendanaan hibah ini adalah kuliah umum (guest lecture) dengan mengundang pakar linguistik.

Prof. I Wayan Arka M.A., M.Phil., Ph.D. yang memaparkan bahwa bahasa merupakan hal yang sangat menarik dan dapat dikaji dari berbagai teori yang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pengkajian bahasa dapat bersifat internal (mengkaji unsur dan struktur yang terdapat dalam bahasa) maupun bersifat eksternal (tidak hanya unsur yang terdapat dalam bahasa tetapi juga unsur yang mempengaruhi penggunaan bahasa). 

Lebih lanjut, Prof. Arka mengerucutkan presentasinya untuk menjelaskan analisis struktur internal bahasa dengan menggunakan kerangka teori Lexical Functional Grammar (LFG). Beliau memberikan banyak contoh aplikasi LFG untuk menganalisis struktur internal bahasa-bahasa di dunia sehingga dapat dilakukan kajian pengelompokan bahasa (language typology) dan pengkajian asal usul bahasa. Kajian ini sangat penting tujuan pendokumentasian berbagai macam bahasa yang berhasil diteliti.

Prof. I Wayan Arka menyampaikan materi

Pemaparan yang disampaikan Prof. Arka sangat menarik, sehingga bahasan linguistik yang bagi sebagian orang dianggap kurang menarik menjadi kuliah yang bisa menarik, dan memantik antusiasme dan semangat para peserta untuk memperhatikan sepanjang perkuliahan. Para peserta dengan penuh semangat mengikuti acara ini hingga selesai.  Kegiatan kuliah umum diikuti oleh 80 peserta dengan 35 peserta mengikuti secara daring melaui platform zoom meeting. Peserta merupakan mahasiswa dan dosen Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Jember. Pada akhir acara, moderator menyampaikan kesimpulan bahwa pengkajian bahasa terus berkembang dengan berbagai kepentingan, dan dapat dikaji dari berbagai sudut pandang salah satunya adalah Teori Lexical Functional Grammar. Akhirnya perkuliahan umum ditutup dengan sapaan hangat dan ucapan terima kasih  oleh Prof. Dr. Sukarno M.Litt. selaku Dekan FIB UNEJ. (FIB)

Skip to content