Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Kampanyekan Green Campus, Mahasiswa Baru Faperta Tanam 300 Bibit Tanaman Buah Unggul

Jember, 23 September 2022
Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jember Kampanyekan Green Campus, caranya dengan mengajak mahasiswa baru angkatan tahun 2022 menanam bibit buah unggulan. Hari Jumat pagi (23/9) 300 bibit buah seperti durian, alpukat, jambu dan lainnya ditanam di titik-titik yang sudah ditentukan di halaman kampus Faperta. Turut hadir dalam kegiatan ini Prof. Bambang Kuswandi, Wakil Rektor III Universitas Jember dan Dekan Faperta, Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P.

Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya kampanye gerakan Green Campus kepada seluruh warga Universitas Jember. “Faperta Universitas Jember turut aktif dalam usaha menjaga kelestarian alam khususnya di kampus, apalagi kampus Universitas Jember sudah terkenal sebagai kampus yang peduli terhadap kelestarian alam dan sumber oksigen bagi Jember mengingat berkurangnya ruang terbuka hijau di Jember,” katanya.

Dirinya menambahkan, selain berfungsi menghasilkan oksigen sekaligus menjaga ketersediaan air, hasil dari tanama buah tadi bisa dimanfaatkan. Diperkirakan dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun ke depan tanaman buah tersebut sudah bisa dipanen buahnya. Bahkan tidak tertutup kemungkinan disebarluaskan kepada warga sekitar. Dan jika hasilnya melimpah bisa menjadi Revenue Generating Arivities bagi Faperta Universitas Jember.

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Jember dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan penanaman buah di kampus Faperta. Menurutnya aksi ini selaras dengan kebijakan Universitas Jember dalam menjaga kelestarian alam di kampus. “Tahun ini Universitas Jember telah mendaftarkan diri dalam penilaian Universitas Indonesia Green Matrix sebagai salah satu penilaian kampus hijau di Indonesia. Tidak berhenti di penanaman pohon, kita akan serius mengolah sampah dan menerapkan ekonomi sirkular di kampus. Menjaga kelestarian alam adalah tugas kita bersama” tutur Prof. Bambang Kuswandi.(is)