Raih Akreditasi Unggul, Jadi Kado Dies Natalis ke 58 Universitas Jember

puncak-dies

Jember, 5 Desember 2022
Universitas Jember meraih akreditasi unggul ! Kabar membanggakan ini disampaikan langsung oleh Rektor, Iwan Taruna, saat membuka kegiatan Malam Anugerah Dies Natalis ke 58 Universitas Jember, hari Sabtu malam di Gedung Auditorium (3/12). Dengan capaian akreditasi unggul ini maka layanan serta proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Jember dinilai unggul oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi unggul ini menjadi kado terindah untuk peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember.

Rektor UNEJ menyampaikan pidato

Menurut Rektor Universitas Jember, predikat akreditasi unggul ini dicapai berkat kerja keras dan gotong royong semua pihak, baik mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Keberhasilan ini menempatkan Universitas Jember di jajaran perguruan tinggi papan atas di Indonesia mengingat hingga tahun 2022 ini perguruan tinggi yang meraih akreditasi unggul tidak lebih dari 50 perguruan tinggi dari empat ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Jajaran pimpinan UNEJ berfoto saat Malam Anugerah Peringatan Dies Natalis ke 58 UNEJ di Gd Auditorium

“Alhamdulillah, Universitas Jember telah membuktikan mampu meraih akreditasi unggul. Terima kasih kepada segenap mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang sudah bekerja keras dengan semangat gotong royong yang berkiprah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Saya berharap capaian akreditasi unggul bisa terus dipertahankan dan akan menjadi modal meningkatkan prestasi dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Iwan Taruna.

Rektor UBEJ menyerahkan piala kepada salah satu pemenang di ajang UNEFF 2022

Salah satu tradisi untuk mempertahankan capaian akreditasi unggul juga sudah dilaksanakan, dengan cara pemberian anugerah unit kerja terbaik dalam berbagai kategori. Diantaranya kategori prestasi mahasiswa, kategori kinerja berbasis capaian Indeks Kinerja Utama (IKU), kategori kinerja penelitian dan karya ilmiah, kinerja pengajaran, kategori penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan kategori lainnya.

“Tidak hanya untuk kategori unit kerja, kami juga memberikan penghargaan untuk kategori perorangan seperti kategori dosen presenter kolokium terbaik, dosen dengan video penelitian terbaik dan lainnya. Mengingat peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember juga momentum yang pas untuk mempererat persatuan, kami juga menggelar lomba-lomba olahraga yang diikuti segenap dosen dan tenaga kependidikan. Selain tentunya kegiatan ilmiah seperti seminar, kuliah umum dan kegiatan lainnya. Bahkan KAUJE juga turut meramaikan dengan berbagai kegiatan di Jakarta dan Jember,” jelas Wakil Rektor I, Prof. Slamin yang menjabat sebagai ketua panitia Peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Jember.

Unjuk kebolehan UKM Reog Sardulo Anurogo

Hal yang juga membedakan pada peringatan hari ulang tahun Universitas Jember tahun ini adalah hajatan Universitas Jember Film Festival (UNEFF). Pada Malam Anugerah Dies Natalis ke 58 Universitas Jember, diserahkan pula penghargaan bagi para pemenang di berbagai kategori dalam UNEFF. Rencananya UNEFF akan digelar secara rutin menyertai peringatan dies natalis Universitas Jember. Kemeriahan makin menggema dengan penampilan Grup Musik Keroncong Jember Ordinary Star (JOS). Malam Anugerah Dies Natalis ke 58 Universitas Jember kemudian dipuncaki dengan penampilan rancak para mahasiswa Universitas Jember yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Reog Sardulo Anurogo. (iim)

Skip to content