Working In Harmony Nurturing The Future
  • Tarif & Layanan
  • Akreditasi
  • Kerjasama
  • Direktori
Working In Harmony Nurturing The Future
  • Tarif & Layanan
  • Akreditasi
  • Kerjasama
  • Direktori

Satuan Tugas PPKS Universitas Jember Resmi Bertugas

Jember, 11 Januari 2023
Rektor Universitas Jember melantik Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Jember. Kelima belas anggota Satgas PPKS tersebut dilantik bersama para pejabat baru di lingkungan Universitas Jember di gedung auditorium (11/1). Menurut Ketua Satgas PPKS Universitas Jember, Fanny Tanuwijaya, dirinya bersama segenap anggota akan segera menyusun dan melaksanakan program kerja. Diantaranya pembuatan buku pedoman pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Program lain yang mendesak untuk segera dilaksanakan adalah pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Termasuk segera membentuk call center dan hotline. Satgas PPKS Universitas Jember juga merencanakan sosialisasi secara masif kepada warga kampus, salah satunya melalui media sosial. Untuk diketahui Satgas PPKS Universitas Jember beranggotakan lima belas personil. Terdiri dari empat orang dari unsur dosen, dua orang dari unsur tenaga kependidikan, dan sisanya merupakan mahasiswa.

Ketua Satgas PPKS UNEJ, Dr Fanny tanuwijaya, SH MH

“Saya berharap jika ada keluarga besar Universitas Jember yang melihat kejadian kekerasan seksual atau malah menjadi korban kekerasan seksual untuk segera melaporkan kepada Satgas PPKS. Dari pengamatan kami, salah satu masalah dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual adalah keengganan korban untuk melapor. Oleh karena itu kami berupaya memberikan pemahaman kepada semua pihak akan pentingnya pencegahan kekerasan seksual, jangan khawatir kami bertekad akan bekerja sepenuh hati,” kata Fanny Tanuwijaya.

Rektor UNEJ mengalungkan kalung jabatan kepada Dekan Fasilkom

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember berharap para pejabat yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Kemudian melanjutkan program yang ada sambil memperbaiki kekurangan yang ada. “Segera lakukan konsolidasi dan kolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan sehingga terjalin sinergi yang baik agar continous quality improvment terus berjalan. Bagi anggota Satgas PPKS Universitas Jember harus menjadi garda terdepan penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di kampus sesuai dengan aturan dan etika yang ada,” pesan Iwan Taruna.

Rektor UNEJ memberikan sambutan

Selain pelantikan Satgas PPKS, pejabat yang hari itu dilantik adalah Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K). Dekan Fakultas Ilmu Komputer kini dijabat oleh Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc. PhD., dengan didampingi Wakil Dekan I yakni Achmad Maududie, ST., MSc. Kemudian Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerbitan dan Percetakan dijabat oleh Dr. Bambang Aris Kartiko, MA. Sementara Kepala Badan Pengembangan Usaha (BPU) dijabat oleh Niken Widya Palupi, STP., MSc. (iim)