Harlah NU 1 Abad, Rektor Universitas Jember Kunjungi Ponpes Tebuireng Jombang

JOMBANG, 12 Februari 2023
Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. Rektor Universitas Jember mengajak seluruh anggota senat kunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang (12/02/2023), dalam kunjungan tersebut di terima langsung oleh KH Abdul Hakim Mahfudz, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang tersebut, dilanjutkan ziarah makam para pendiri Pondok Pesantren yang tak lain adalah Presiden ke-4 Republik Indonesia.

Dalam sambutanya, ia mengatakan kujungan Universitas Jember yaitu dalam rangka ikut memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke 1 Abad, kunjungan tersebut dapat terjalin kerjasama antara Universitas Jember dan Pondok Pesantren Tebuireng.

“Kami ingin menjalin kerja sama dengan Tebuireng, khususnya kepada siswa-siswi yang berkompetensi untuk melanjutkan pendidikan ke UNEJ. Pun demikian para dosen atau mahasiswa dari Unhasy yang ingin melanjutkan pendidikan S2,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa tujuan Universitas Jember untuk menegaskan sikap kebangsaan dan ke-NU-an institusi.

“Suasana 1 abad NU yang masih hangat juga menjadi alasan kegiatan ini dilaksanakan,” imbuhnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH. Abdul Hakim Mahfudz membahas terkait Pesantren Tebuireng yang memiliki 11 lembaga pendidikan beragam.

“Dari 11 lembaga pendidikan tersebut, terdapat juga studi pendalaman. Semisal, Muallimin dan Ma’had Aly yang mendalami kajian keagamaan. Ada juga Trensains dengan basic ilmu eksakta,” tuturnya.

Mudir bidang Pendidikan Pesantren Tebuireng, Kusnadi Said dalam wawancaranya menjelaskan alumni Tebuireng juga banyak yang di UNEJ. “Anak-anak kami yang tercatat dari tahun 2019 – 2023 ini, ada sekitar 32 anak yang melanjutkan studi ke UNEJ,” terangnya.

Dirinya berharap Universitas Jember dapat bekerjasama dalam Tri Dharma baik Pendidikan, Pengabdian dan Penelitian. (is)

Skip to content