Selama Ramadan, Masjid Al Hikmah Universitas Jember Siapkan Takjil Gratis

Jember, 4 April 2023
Masjid Al Hikmah Universitas Jember menjadi pusat syiar Islam di kampus Tegalboto. Kuantitas dan kualitas kegiatannya pun makin meningkat di bulan Ramadan. Salah satunya dengan menyajikan takjil gratis setiap sorenya. Menurut Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Muslim, Taklim dan Khidmah (UKM Mustika), Ilham Maulana, setiap sorenya dirinya dan kolega menyiapkan 250 hingga 300 porsi takjil dan makan. Dan setiap sorenya takjil sejumlah itu ludes diserbu mahasiswa dan warga yang kebetulan melaksanakan sholat maghrib di Masjid Al Hikmah.

Suasana pembagian takjil gratis di Masjid Al Hikmah UNEJ

Ilham Maulana menambahkan, penyediaan buka puasa menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam rangkaian Semarak Ramadan 1444 Hijriah. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Akumulasi dan Distribusi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ADZIS), Mauidhoh Ba’da Dzuhur Al Hikmah (Mawaddah) setiap usai sholat dzuhur, Kajian Ramadan Al Hikmah (Karomah) setiap sore dengan tema beragam, pengajian setiap hari Jumat pagi bersama Keluarga Besar Universitas Jember dan kegiatan lainnya, selain tentunya kegiatan ibadah rutin seperti tarawih, iktikaf dan ibadah lainnya.

Suasana pembagian takjil gratis di Masjid Al Hikmah UNEJ

“Khusus untuk penyediaan buka puasa gratis, untuk takjil kami dari UKM Mustika yang membuat. Kami berusaha menyajikan sendiri takjil yang variatif mulai dari kurma, es hingga jajanan lainnya. Sementara untuk makan kami memesan di warung yang ada di sekitar kampus mengingat keterbatasan tenaga untuk memasak. Untuk memudahkan pembagian takjil, kami membagi kupon takjil gratis di saat acara Karomah berjalan,” jelas Ilham Maulana, mahasiswa yang kuliah di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember.

Kegiatan Mawaddah, kuliah tujuh m,enit ba’da sholat dzuhur

Dana yang digunakan untuk menyediakan takjil dan makanan diperoleh dari kas masjid serta sumbangan donatur termasuk dari mereka yang menyerahkan shodaqoh melalui kegiatan ADZIS. Beberapa donatur juga menyerahkan bantuan langsung dalam bentuk takjil dan makanan. Oleh karena itu UKM Mustika dan Takmir Masjid Al Hikmah selalu membuka kesempatan bagi para dermawan yang akan menyalurkan bantuannya.

Takjil gratis yang diberikan oleh UKM Mustika di Masjid Al Hikmah mendapatkan apresiasi, seperti yang disampaikan oleh Fikar. Siswa SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Tempurejo Jember yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Fakultas Teknik, Universitas Jember. Menurutnya, takjil dan makanan yang disajikan di Masjid Al Hikmah sangat membantu dirinya dan kawan-kawan yang jauh dari rumah seperti juga rekan mahasiswa lainnya. “Menu makanannya juga beragam, pokoknya sangat membantu keuangan kami lah,” kata Fikar sambil tertawa. (andrie/iim)

Skip to content