Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Gelar PJTL 2023: UKPKM Tegalboto Universitas Jember  Angkat Tema Jurnalisme Investigasi

Jember, 20 Mei 2023
Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023, Unit Kegiatan Pers Kampus Mahasiswa (UKPKM) Tegalboto Universitas Jember menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat lanjut (PJTL). Acara yang diseleggrakan di aula lantai 3 gedung Soerachman, menghadirkan pemateri Ishomuddin, koresponden Tempo dan pemimpin redaksi idealoka.com. Menurut ketua panitia kegiatan, Erninda Puji Agustin, PJTL kali ini mengangkat bahasan jurnalisme investigasi dengan tema Jurnalisme Investigasi yang Berdampak: Merajut Watchdog Journalism.
Erninda Puji Agustin menambahkan seorang jurnalis harus paham mengenai apa itu jurnalisme investigasi karena menjadi bagian integral pada tugas jurnalistik sebagai pengawas atau watchdog journalism. Kemampuan melaksanakan jurnalisme investigasi akan menegaskan peran jurnalis dan media massa sebagai pilar keempat demokrasi. Sementara itu Pemimpin Umum UKPKM Tegalboto, Nugraha Bayu Syah Putra berharap dengan pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan jurnalistik para peserta. Selain itu, dengan hadirnya perwakilan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Kabupaten Jember dapat meningkatkan integrasi, kolaborasi, dan akselerasi dalam mengadakan kegiatan di dunia pers dan jurnalistik.
Ishomuddin, koresponden Tempo dan pemimpin redaksi idealoka.com memberikan materi
Dalam paparannya, Ishomuddin memulai dengan materi mengenai dasar jurnalisme investigasi.  “Investigasi berasal dari kata Bahasa Latin vestigium yang berarti tapak atau jejak, sehingga bisa diartikan sebagai tindakan memeriksa sesuatu dengan hati-hati, terutama untuk menemukan kebenaran tentang sebuah hal. Seorang jurnalis harus paham tahapan kerja jurnalisme investigasi mulai dari mencari ide liputan, riset, menyusun dokumen induk, mencari data dan informasi penting, observasi lokasi, peliputan, hingga pemilihan narasumber yang dapat memberikan penjelasan. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara, transkrip, penstrukturan, penyuntingan, visualisasi data, konsep foto hingga menyajikannya,” jelas Ishomuddin yang anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI).
Acara yang dikemas dengan sangat renyah dan dialogis ini membuat peserta tidak bosan dan mengikuti dengan serius namun santai hingga sore hari. Pemateri sangat interaktif dengan peserta, sebaliknya peserta diminta menyampaikan pengalamannya selama meliput berita. Terdapat sharing pengalaman peserta selama di lapang untuk peliputan dengan metode investigasi, dan diberikan beberapa pemikiran dan saran dari pemateri berupa strategi saat kegiatan investigasi sulid dilakukan karena terdapat kendala, seperti peliputan di daerah yang berkonflik.
Setelah paparan materi dari narasumber, peserta pelatihan dibagi menjadi tiga kelompok untuk melakukan pembedahan kasus dan data investigasi hingga istirahat. Kemudian, setiap kelompok memaparkan hasil diskusinya. Setelah itu narasumber melanjutkan sesi materi dengan memberikan strategi pencarian data untuk melakukan peliputan investigasi. Tak hanya itu, peserta akan mendapatkan tugas untuk membuat tulisan investigasi bersama kelompoknya yang dilangsungkan di luar pelatihan. Setiap kelompok mendapatkan pendampingan langsung oleh narasumber secara daring dalam dua kali pertemuan. Teknik ini membuat peserta antusias karena proses belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun berlanjut di luar kelas pelatihan melalui pendampingan narasumber.
Sementara itu pembina UKPKM Tegalboto, Rokhani, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh UKPKM Tegalboto ini. Pasalnya selama dua tahun sebelumnya banyak rencana dan kegiatan terkendala oleh pandemi Covid-19. Menurutnya, kegiatan PJTL menjadi momentum menggerakkan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) apalagi kegiatan kali ini dihadiri oleh perwakilan LPM seluruh fakultas di Universitas Jember dan LPM se-Kabupaten Jember, Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Jember, ketua umum UKM Pusat se-Universitas Jember, demisioner dan alumni UKPKM Tegalboto dan peserta pelatihan lainnya.
Pembina UKPKM Tegalboto, Dr. Rokhani, membuka kegiatan
 “Besar harapan saya kegiatan PJTL untuk bisa dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya anggota LPM sendiri. Dari pelatihan ini harapannya ada sinergi UKPKM Tegalboto dengan seluruh LPM di Kabupaten Jember. Acara ini sekaligus bisa mengobati rasa rindu pada alamamater tercinta Universitas Jember buat Mas Ishom yang alumnus Program Studi Sastra Inggris FIB Universitas Jember,” ungkap Rokhani pembina UKPKM Tegalboto yang sekaligus dosen di Program Studi Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jember.
Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut yang dilaksanakan pada tahun 2023 ini mendapat respon yang baik dari beberapa peserta.  “Acaranya bagus, interaktif sekali. Di tambah lagi ada pendampingan dari narasumber langsung. Temanya juga sangat relevan di masa kini mengenai jurnalisme investigasi,” ungkap salah satu peserta, Cindy Virda. Peserta lain, Fatma berpendapat bahwa acara ini cukup menarik, baik dari segi tema maupun cara penyampaian. “Acaranya menarik. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan cukup mendalam. Memberi saya pengetahuan yang lebih luas mengenai jurnalisme investigasi,” pungkasnya (Ani)
Skip to content