Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Terpilih Menjadi Ketua PP IKMA PGSD Indonesia

Jember, 7 Juni 2023
Sofyan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jember terpilih menjadi Ketua Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (IKMA PGSD) Indonesia periode 2023-2025. Mahasiswa angkatan 2021 ini terpilih sebagai Ketua IKMA PGSD Indonesia dalam ajang Kongres Nasional ke-5 IKMA PGSD Indonesia pada 19 Mei 2023 lalu di aula kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Kongres ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa PGSD dari perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Ada sebanyak 72 mahasiswa yang turut berkongres. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan seminar nasional sebagai kegiatan pembuka. Kemudian, dilanjutkan dengan sidang tata tertib persidangan, sidang pembahasan Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART) IKMA PGSD Indonesia, sidang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepengurusan periode sebelumnya, sidang pendemisioneran, hingga sidang pemilihan Ketua Pengurus Pusat IKMA PGSD Indonesia periode 2023-2025.

Sofyan menyampaikan orasi setelah pelantikan

Dalam pemilihan ketua PP IKMA PGSD periode 2023-2025, maju tiga calon yakni Andra Nata dari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, M. Fadil Mubarak dari Universitas Negeri Makassar serta Sofyan sendiri.

Ditemui di kampus FKIP Universitas Jember (7/6), mahasiswa asal Tangerang ini mengungkapkan motivasinya untuk maju menjadi Ketua IKMA PGSD Indonesia dilandasi keinginan untuk memperbaiki kondisi internal dan menjalankan roda organisasi IKMA PGSD Indonesia. “Saya melihat kepengurusan sebelumnya belum maksimal melaksanakan program yang sudah ditetapkan. Selain itu ada permasalahan integritas pengurus yang menurut saya perlu pembenahan agar fungsi dan peran IKMA PGSD Indonesia bisa terwujud,” ungkap Sofyan.

Target Sofyan selanjutnya adalah memperbaiki kondisi internal organisasi IKMA PGSD Indonesia. Menurutnya perbaikan kondisi internal ini mutlak dilakukan agar IKMA PGSD Indonesia dapat berkiprah meningkatkan kualitas mahasiswa PGSD sehingga bisa turut memajukan pendidikan dasar Indonesia, bahkan berkontribusi secara global.

Sofyan, dilantik sebagai Ketua Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (IKMA PGSD) Indonesia periode 2023-2025.

“Sebagai kader IKMA PGSD saya ingin membawa kepengurusan IKMA PGSD Indonesia periode 2023-2025di bawah kepemimpinan saya ke arah yang lebih progresif dengan membawa semangat berkolaborasi dengan semua pihak. Membawa kembali IKMA PGSD Indonesia menjadi organisasi yang memiliki integritas tinggi,” tutur Sofyan.

Untuk mewujudkan targetnya tadi, Sofyan sudah menyiapkan beberapa program. Salah satunya adalah penerapan Administrasi Digital. Bagaimana kemudian IKMA PGSD memiliki database seluruh mahasiswa dan kampus PGSD yang ternaung IKMA PGSD dengan tujuan kemudahan menjangkau kader IKMA PGSD yang tersebar di seluruh nusantara sekaligus distribusi informasi yang baik,” jelasnya.

Suasana Kongres Nasional ke-5 IKMA PGSD Indonesia pada 19 Mei 2023 lalu di aula kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Modal Sofyan dalam memimpin IKMA PGSD Indonesia telah diperolehnya selama kuliah di Kampus Tegalboto. Diantaranya menjadi pengurus Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Pijar Pendidikan FKIP UNEJ tahun 2022, dan sekarang juga masih menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGSD Mercusuar di FKIP UNEJ. (andrie)

Skip to content