Universitas Jember Peringkat Ke-10 Nasional Tujuan ke-3 SDGs Versi Times Higher Education

Jember, 8 Juni 2023
Lembaga pemeringkatan internasional Times Higher Education (THE) menempatkan Universitas Jember, sebagai perguruan tinggi dengan kinerja dan kontribusi terbaik di peringkat ke-10 secara nasional untuk tujuan ke-3 pada Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk diketahui, tujuan ke-3 SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang sudah ditetapkan oleh PBB adalah mewujudkan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk semua usia. Kabar baik ini disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Jember, Prof. Bambang Kuswandi di Kampus Tegalboto (8/6).

Wakil Rektor III UNEJ menyampaikan materi dalam acara “Sosialisasi, Refleksi dan Strategi Peningkatan Rangking UNEJ” yang dilaksanakan 17 Mei 2023 lalu.

Menurut Prof. Bambang Kuswandi, selain menduduki peringkat kesepuluh secara nasional untuk kategori target tujuan ke-3 SDGs, Universitas Jember juga mencatat prestasi di posisi ke-13 untuk target ke-8 SDGs di bidang mewujudkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Posisi ke-14 untuk target ke-9 SDGs yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur industri dan inovasi. Posisi ke-15 untuk target SDGs ke-15 dalam usaha menjaga ekosistem. Sementara pada target SDGs ke-1 yang akan berfokus mengakhiri kemiskinan dan target SDGs ke-4 tentang pendidikan inklusif, Universitas Jember berada di peringkat ke-20.

Rektor UNEJ menyampaikan materi dalam acara “Sosialisasi, Refleksi dan Strategi Peningkatan Rangking UNEJ” yang dilaksanakan 17 Mei 2023 lalu.

“Alhamdulillah, kinerja dan kontribusi Universitas Jember dalam rangka turut mewujudkan target SDGs mendapatkan apresiasi dari Times Higher Education. Khususnya untuk target ke-3 SDGs kita ada di posisi nomor sepuluh secara nasional. Penilaian ini diantaranya berdasarkan kontribusi kita dalam mencetak tenaga kesehatan. Seperti yang diketahui Universitas Jember memiliki fakultas di rumpun kesehatan yang lengkap, mulai dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat hingga Fakultas Keperawatan,” jelas Wakil Rektor III Universitas Jember.

Kontribusi Universitas Jember selanjutnya dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan di Indonesia adalah keberadaan fasilitas kesehatan di lingkungan Universitas Jember yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Seperti Universitas Jember Medical Center (UMC), Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dan ditambah sebentar lagi dengan dibangunnya Rumah Sakit Pendidikan Universitas Jember. Times Higher Education juga mencatat data kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan yang sudah dilakukan oleh Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan fakultas.

Keberhasilan ini juga disambut baik oleh Rektor Universitas Jember. Menurut Iwan Taruna, masuknya nama Universitas Jember dalam pemeringkatan yang dibuat oleh Times Higher Education (THE) menjadi rintisan bagi institusi yang dipimpinnya untuk mengikuti pemeringkatan lainnya, khususnya di bidang akademik. Sebagai informasi Times Higher Education (THE) yang berpusat di Inggris adalah lembaga pemeringkatan internasional yang hasil pemeringkatannya menjadi acuan berbagai insitusi pendidikan dan organisasi lainnya secara global.

Rektor UNEJ menyampaikan materi dalam acara “Sosialisasi, Refleksi dan Strategi Peningkatan Rangking UNEJ” yang dilaksanakan 17 Mei 2023 lalu.

“Dengan mengikuti pemeringkatan apalagi secara internasional, maka kita bisa mengetahui posisi kita diantara perguruan tinggi lainnya. Hasil pemeringkatan juga menjadi parameter untuk mengukur kinerja kita. Serta menjadi modal dalam menjalin kerjasama internasional, pasalnya beberapa institusi pendidikan atau organisasi internasional bersedia menjadi mitra jika institusi kita sudah masuk pemeringkatan internasional. Oleh karena itu Universitas Jember serius mengelola pemeringkatan, salah satunya dengan cara membentuk tim pemeringkatan,” ungkap Iwan Taruna. Sebagai tambahan informasi, hasil pemeringkatan oleh THE terkait kontribusi SDGs oleh PTN/PTS telah dirilis pada 1 Juni 2023 lalu. (iim)

Skip to content