Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Universitas Jember Launching Halal Center, Dukung Jaminan Produk Halal Indonesia

Jember, 11 Oktober 2023

Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mendirikan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H). Lembaga yang bertugas mendampingi dan mengawasi proses pengolahan produk halal ini dikoordinatori oleh Moehammad Fathorrazi.

Tugas utama LP3H adalah memastikan bahwa semua tahapan produksi, dimulai dari pengolahan bahan baku utama hingga pendistribusian dilakukan berdasarkan standar serta aturan kehalalan yang berlaku. Selain itu juga LP3H berperan sebagai mitra bagi produsen dalam rangka menjaga kehalalan produk mereka.

Koordinator LP3H, Moehammad Fathorrazi

“Dengan terbentuknya Halal Center Universitas Jember ini akan mendorong optimalnya penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Selain itu juga untuk mengugurkan dosa kifayah dengan partisipasi Universitas Jember dalam mendukung kepastian halal produk.” ujar Moehammad Fathorrazi saat memberikan sambutan pembukaan.

Prof. Yuli Witono selaku Kepala LP2M menyampaikan bahwa melalui halal center, perguruan tinggi dapat melaksanakan sosialisasi dan edukasi JPH kepada masyarakat luas serta pelaku usaha khususnya pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Di samping itu, Perguruan Tinggi juga dapat melaksanakan berbagai penelitian, pelatihan, dan pengembangan produk halal.

Kepala LP2M, Yuli Witono

“Sebagai informasi, saat ini kami sedang mengirimkan 2 dosen untuk mengikuti pelatihan sebagai auditor halal sehingga nantinya akan ada total 3 orang auditor halal di Universitas Jember karena sebelumnya telah ada auditor penyelia 1 orang.” Prof. Yuli Witono menambahkan.

Sehingga pada kesempatan kali ini Universitas Jember juga turut menghadirkan 10 UMKM yang nantinya akan dibantu pendaftaran sertifikasi halal untuk produk-produknya. Tidak hanya itu, kesepuluh UMKM ini nanti akan diberikan insentif sebesar Rp150,000.

“Insentif ini adalah sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan gairah para UMKM untuk terus mengupayakan agar produknya terjamin kehalalannya.” imbuh Moehammad Fathorrazi.

Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan

“Dalam hal ekspor produk halal harus kita akui bahwa Indonesia masih kalah dengan Thailand yang telah berhasil melakukan ekspor produk halal ke berbagai negara besar seperti Eropa dan Amerika. Kita memang harus mengejar ketertinggalan ini melihat negara dengan jumlah muslim yang tidak sebanyak Indonesia seperti Thailand mampu mendirikan Halal Center yang telah maju sejak beberapa tahun yang lalu.” jelas Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember.

Acara Launching LP3H Halal Center Universitas Jember ini disandingkan juga dengan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal dengan narasumber dari Halal Center Universitas Airlangga yang dilaksanakan di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis mulai tanggal 10-12 Oktober 2023. (dil)

Skip to content