Rektor Gelorakan #UNEJFINE di Dies Natalis ke 59 Universitas Jember

Jember, 10 November 2023
Keluarga besar Universitas Jember merayakan hari jadinya yang ke 59 tahun. Dalam momentum bersejarah ini, Rektor Universitas Jember mengajak seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk menggelorakan tagar UNEJ FINE ! Ajakan ini disampaikan Iwan Taruna dalam kesempatan upacara bendera di lapangan upacara kampus Tegalboto (10/11). Ajakan tersebut kembali disampaikan olehnya pada saat rapat terbuka senat Universitas Jember dengan acara Dies Reader di gedung Auditorium.

“Ayo gelorakan tagar UNEJ FINE, atau Universitas Jember Fifty Nine sesuai usia lembaga kita tercinta. UNEJ FINE juga berarti Universitas Jember yang baik dan berusaha untuk makin baik. Tidak hanya di pentas nasional namun juga di tataran dunia dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan tema dies natalis kita yakni kemajuan berkelanjutan untuk Indonesia pusaka,” ajak Iwan Taruna.

Upacara bendera dalam rangka Dies Natalis ke 59 UNEJ

Pemilihan tagar UNEJ FINE bukan tanpa sebab. Menurut Iwan Taruna jika menilik perjalanan tiga tahun ke belakang, kondisi dunia terdisrupsi dengan pandemi Covid-19 yang mengubah seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan tinggi. Dan pandemi Covid-19 tersebut baru dinyatakan selesai Juni 2023 lalu. Namun selama masa itu Universitas Jember tidak lantas diam, dengan inovasi dan daya adaptasi justru banyak prestasi diraih.

Sebut saja misalnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar, kebijakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village yang memungkinkan mahasiswa tetap KKN, perolehan akreditasi internasional dan lainnya. Hingga pencapaian prestasi tata kelola lembaga seperti transformasi dari PTN satuan kerja menjadi PTN Badan Layanan Umum, capaian PTN BLU dengan pengelolaan keuangan terbaik. Dan yang terbaru Universitas Jember meraih posisi ke 40 dari 42 PTN dan PTS terbaik se-Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rangking. Sebelumnya Universitas Jember telah menduduki peringkat ke 15 PTN dan PTS terbaik se-Indonesia versi Times Higher Education World University Rangking (THE WUR).

Rektor UNEJ menyampaikan pidato tahunan

“Kata kuncinya adalah inovasi dan daya adaptasi. Dua hal yang sebenarnya sudah diajarkan para perintis, pendiri dan pengembang Universitas Jember. Misalnya saja dengan gagasan dr. R. Achmad, R. Th. Soengedi dan R. Soerachman yang dengan berani berinovasi mendirikan perguruan tinggi di Jember. Kedua, daya adaptasi yang dicontohkan Bupati saat itu R. Soedjarwo yang mampu menggalang dana membesarkan Universitas Jember,” jelas Iwan Taruna.

Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D., membawakan orasi ilmiah berjudul ”Guru STEM Maju Berkelanjutan di Abad 21: Peran Krusial Teacher Profesional Development (TPD) dan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)”.

Dalam kesempatan acara Dies Reader, tampil sebagai pembawa orasi ilmiah adalah Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D., yang membawakan judul ”Guru STEM Maju Berkelanjutan di Abad 21: Peran Krusial Teacher Profesional Development (TPD) dan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)”. Sebelumnya Rektor Universitas Jember menyampaikan pidato mengenai kondisi terkini dan rencana Universitas Jember.

Universitas Jember Bersholawat bersama Majelis Dzikir dan Sholawat Al Muntasibien yang dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren Al Ghozali, KH. Achmad Nasihin bersama Gus HRM Shofyan Zidni Mubarok (9/11).

Rasa syukur telah memasuki usia ke 59 tahun juga ditampilkan keluarga besar Universitas Jember dengan kegiatan bernuansa religius. Yakni Universitas Jember Bersholawat bersama Majelis Dzikir dan Sholawat Al Muntasibien yang dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren Al Ghozali, KH. Achmad Nasihin bersama Gus HRM Shofyan Zidni Mubarok. Dalam kesempatan ini juga diserahkan bingkisan bagi 200 petugas kebersihan dan umum di lingkungan Universitas Jember. (iim)

Skip to content