Universitas Jember Medical Center (UMC) Raih Akreditasi Paripurna Modal Perluas Layanan Kesehatan

Jember, 12 Januari 2024
Universitas Jember Medical Center (UMC) berhasil meraih akreditasi paripurna dari Kemenkes RI untuk kategori Klinik Kesehatan Pratama pada 30 Desember 2023 lalu. Dengan raihan akreditasi paripurna ini maka UMC dinyatakan layak dan unggul dalam melayani permasalahan kesehatan masyarakat sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) Pertama. Akreditasi dari Kementerian Kesehatan ini diberikan setelah UMC mendapatkan visitasi dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) Lipa Mitra Nusa Surabaya.

Keberhasilan mendapatkan akreditasi ini disampaikan oleh Kepala UMC, Dr. dr. Chandra Bumi di sela-sela pertemuan dengan PT Kimia Farma Diagnostika di kampus Tegalboto (12/1). Menurut pakar epidemiologi ini, raihan akreditasi paripurna diperoleh setelah tim LPA Lipa Mitra Nusa melakukan visitasi, baik secara daring maupun luring. Adapun materi yang dinilai mulai dari tata kelola klinik, keselamatan pasien hingga pelayanan klinik perseorangan.


“Alhamdulillah, dari penilaian yang diberikan oleh LPA Lipa Mitra Nusantara maka UMC dinyatakan layak dan unggul melayani masyarakat Jember. Dan istimewanya saat kami meraih akreditasi pada tanggal 30 Desember lalu, UMC di hari tersebut menerima pasien melahirkan untuk kali pertama, proses persalinannya pun berlangsung lancar. Kedua peristiwa ini membuktikan bahwa UMC memang benar-benar siap melayani masyarakat Jember. Jadi UMC tidak hanya melayani warga Universitas Jember saja, namun juga melayani masyarakat umum,” tutur Dr. dr. Chandra Bumi.

Kepala UMC Dr dr Chandra Bumi menyerahkan akreditasi paripurna dari Kemenkes RI kepada Rektor UNEJ

Selain telah memperoleh akreditasi, UMC juga terus menambah fasilitas layanan dan kerja samanya. Seperti layanan Unit Gawat Darurat 24 jam, layanan kesehatan Ibu dan Anak serta fasilitas lainnya. Dan yang terbaru, UMC menjalin kerja sama PT. Kimia Farma Diagnostika yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan. Menurut Dr. dr. Chandra Bumi, dalam waktu dekat pasien dan pengguna layanan UMC akan merasakan layanan kesehatan dari PT. Kimia Farma Diagnostika. Bahkan bagi warga Universitas Jember dapat mengakses layanan apotek dan klinik milik PT. Kimia Farma Diagnostika yang tersebar di seluruh nusantara.

Pasien ibu melahirkan pertama di UMC

Dihubungi secara terpisah, Rektor Universitas Jember mengapresiasi pencapaian UMC. Menurut Iwan Taruna, keberhasilan meraih akreditasi paripurna untuk kategori Klinik Kesehatan Pratama menunjukkan kemampuan dan kelayakan UMC melayani masyarakat luas. “Keberadaan UMC yang memberikan layanan kesehatan, tidak hanya untuk warga Universitas Jember saja, namun terbuka bagi seluruh warga Jember. Ini menunjukkan sumbangsih nyata kami di bidang kesehatan,” pungkas Iwan Taruna. (iim)

Skip to content