UNEJ Peroleh Rekognisi German Academic Exchange Service

Jember, 1 Maret 2024

Universitas Jember bersama dengan 10 perguruan tinggi negeri Indonesia terpilih untuk menghadiri DAAD Matchmaking Event dengan 20 rektor dan presiden University of Applied Sciences dari Jerman yang datang ke Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diorganisir oleh German Academic Exchange Service (DAAD) Jakarta untuk semakin mengintensifkan kerja sama antara universitas-universitas di Indonesia dengan University of Applied Sciences di Jerman.

Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, memimpin langsung delegasi Universitas Jember terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Slamin, Koordinator Proyek PACE UP dan Erasmus KA171+ Universitas Jember, Prof. Kartika Senjarini, dan panitia proyek PACE UP dan Erasmus KA171+, Endah Puspitasari. Matchmaking event ini diselenggarakan di Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat (29/02/2024). Dalam acara ini selain dihadiri oleh Guido Schnieders, Direktur DAAD Regional Office Jakarta juga dihadiri Michael Harms, Deputy Secretary General DAAD Pusat di Bonn dan Berlin. Perwakilan dari kedutaan besar Jerman di Indonesia juga turut hadir dalam acara ini.

Menurut Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, kegiatan ini memungkinkan pimpinan perguruan tinggi negeri dari Indonesia dan Jerman untuk saling bertemu secara langsung dan bertukar pikiran secara efisien untuk mengidentifikasi kemungkinan kerja sama dalam bidang yang spesifik.

“Dibandingkan universitas secara umum, University of Applied Sciences yang ada di Jerman merupakan universitas yang fokus dalam bidang bidang keilmuan tertentu dan atmosfer akademik yang dibentuk tidak hanya secara teoritis tetapi juga lebih banyak berorientasi pada implementasi dan aplikasinya secara nyata di masyarakat.” katanya.

Ia pun berharap, mereka memiliki hubungan yang sangat intensif dengan berbagai industri, perusahaan sesuai dengan bidang keilmuaannya seperti media dan telekomunikasi, otomotif, industri berafiliasi dengan kimia dan kesehatan serta juga kewirausahaan dalam skala menengah maupun yang besar.

11 pimpinan perguruan tinggi negeri (UNEJ, UI, ITB, IPB, UGM, UNPAD, UNDIP, USK, ITS, UB, UNHAS), serta 20 pimpinan Universities of Applied Sciences dari Jerman dalam acara Matcmaking & Networking di UI Kampus Depok

Universitas Jember merupakan salah satu dari 11 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang diundang oleh DAAD Jakarta, bersama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Syah Kuala, dan Universitas Hasanuddin. Undangan kepada Universitas Jember merupakan bukti bahwa kerja sama yang sudah dijalin secara intensif dengan institusi-institusi di Jerman yang telah memasuki tahun ke-13 dengan dukungan pendanaan DAAD dan EU memperoleh rekognisi dan layak untuk didorong menuju kerja sama yang lebih intensif dengan institusi-institusi perguruan tinggi lainnya di Jerman. Dua puluh rektor dan presiden dari University of Applied Sciences di Jerman sebagaimana list di bawah ini:
1. Aschaffenburg University of Applied Sciences
2. Darmstadt University of Applied Sciences
3. Ernst-Abbe-Hochschule Jena University of Applied Sciences
4. FH Münster University of Applied Sciences
5. Harz University of Applied Sciences
6. HM Hochschule München University of Applied Sciences
7. HMKW University of Applied Sciences for Media, Communication and Management
8. Hochschule Hannover – University of Applied Sciences and Arts
9. Hochschule Heilbronn – University of Applied Sciences
10. Hochschule Kaiserslautern – University of Applied Sciences
11. Hochschule Stralsund – University of Applied Sciences
12. IB University of Applied Health and Social Sciences
13. Kiel University of Applied Sciences
14. Mainz University of Applied Sciences
15. Merseburg University of Applied Sciences
16. Merz Akademie – University of Applied Arts, Design and Media Stuttgart
17. OWL University of Applied Sciences and Arts
18. RheinMain University of Applied Sciences
19. Technical University of Applied Sciences Amberg-Weiden
20. TH Lübeck University of Applied Sciences
(dil/is)

Skip to content