Sambut Datangnya Bulan Ramadan, Keluarga Besar Universitas Jember Gelar Pengajian

Jember, 8 Maret 2024
Ramadan hadir kembali ! Datangnya bulan spesial bagi ummat Islam ini disambut dengan suka cita, tak terkecuali oleh keluarga besar Universitas Jember. Menyambut bulan ampunan ini, segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa mengikuti kegiatan siraman rohani yang digelar di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto (8/3). Hadir sebagai pemateri, Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jember, KH. M. Rofi’i Baidlowi.

Dalam sambutannya, Rektor mengajak segenap keluarga besar Universitas Jember bersyukur dan bersuka cita sebab dipertemukan kembali dengan bulan yang istimewa, Ramadan 1445 hijriah. Suka cita tersebut diwujudkan dengan memperteguh iman dan taqwa berupa peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah. Apalagi janji Allah SWT, amal ibadah di bulan puasa akan dibalas dengan pahala yang besar.

“Mari sambut datangnya Ramadan dengan suka cita dan gembira, manfaatkan bulan Ramadan sebagai ajang meningkatkan amal dan ibadah kita. Jangan sampai bulan yang istimewa berlalu begitu saja. Oleh karena itu keluarga besar Universitas Jember menyambut datangnya bulan Ramadan dengan kegiatan siraman rohani sebagai awal yang baik sekaligus meneruskan tradisi di kampus kita,” ungkap Iwan Taruna.

Ajakan untuk menyambut datangnya bulan puasa dengan suka cita juga disampaikan oleh Ketua LDNU Jember. Dalam pemaparannya, KH. M. Rofi’i Baidlowi mengingatkan hadirin yang memenuhi masjid Al Hikmah agar menyambut datangnya bulan Ramadan dengan suka cita dan gembira sesuai dengan anjuran Rasullah SAW. Pasalnya setiap amal ibadah yang dilakukan dengan suka cita akan membuahkan hasil yang maksimal.

Selain itu, banyak yang istimewa di bulan Ramadan, diantaranya ditandai dengan pahala yang diberikan Allah SWT berlipat ganda. Banyaknya kejadian mulia yang terjadi di bulan Ramadan seperti turunnya Al Qur’an dan Lailatul Qadar. Selain itu, amal ibadah yang dilakukan di bulan puasa memperkuat jalinan hubungan, baik antara manusia dengan Allah SWT maupun dengan sesamanya.

“Jangan lupa, ada tiga ibadah yang hanya dilakukan di bulan Ramadan yang tidak kita temui di bulan lainnya. Yakni puasa, sholat malam berupa tarawih dan tadarus Al Qur’an. Ketiga ibadah tadi jika dilakukan secara baik dan benar maka bernilai ibadah yang tinggi. Selain bermakna secara ¬_hablum minallah_, ketiga ibadah tadi berfungsi menjalin hubungan baik dengan sesama manusia atau hablum minannas,” jelas KH. M. Rofi’i Baidlowi.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan siraman rohani akan digelar rutin setiap minggu di kampus Tegalboto selama bulan Ramadan. Selain kegiatan rutin siraman rohani, banyak kegiatan lain yang dimotori oleh Takmir Masjid Al Hikmah di tingkat universitas dan kegiatan lainnya yang digelar di tingkat fakultas. (iim)

Skip to content