Universitas Jember Dukung Penuh Peserta UTBK SNBT 2024 Berkebutuhan Khusus

Jember, 3 Mei 2024

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan tes (SNBT) 2024 memasuk hari ketiga. Di Pusat UTBK SNBT Universitas Jember, panitia mencatat angka rata-rata kehadiran peserta hingga hari Jumat (3/5/2024) mencapai 95,77%. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pusat UTBK SNBT Universitas Jember, Prof. Slamin.

Menurut Prof. Slamin, secara umum pelaksanaan UTBK di kampusnya berjalan lancar. Hal ini tidak lepas dari peran serta semua pihak, terutama panitia yang telah bekerja keras memberikan layanan terbaik bagi semua peserta. Bahkan bagi peserta yang berkebutuhan khusus.

“Pada dasarnya lembaga kami mendukung penuh para peserta UTBK SNBT ini jika ada peserta berkebutuhan khusus, kami akan fasilitasi dan tidak kami batasi jumlahnya. Namun memang pada kenyataannya, tercatat 9 peserta yang menyatakan berkebutuhan khusus, setelah dikonfirmasi masing-masing peserta, hanya 1 peserta disabilitas daksa, 1 orang belum dapat dikonfirmasi, 7 orang lainnya salah memilih fasilitas berkebutuhan khusus pada waktu melakukan pendaftaran,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari hasil rekapitulasi yang ada, UTBK SNBT 2024 dari gelombang 1 hanya ditemukan 1 peserta berkebutuhan khusus sedangkan Gelombang 2 tidak ditemukan peserta memilih fasilitas berkebutuhan khusus, dan ia pun berharap jika ada peserta yang seharusnya membutuhkan fasilitas itu agar dapat segera menghubungi panitia yang ada di Universitas Jember. “Kami panitia di Universitas Jember, selalu siaga jika ada peserta yang ternyata pada hari pelaksanaan membutuhkan layanan itu,” imbuhnya.

Salah satu peserta berkebutuhan khusus pada UTBK SNBT 2024 di Universitas Jember yang berhasil dihubungi oleh Humas Universitas Jember (03/05/2024) yaitu Koyyimatut Toyyibah, peserta asal Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, mengaku mendapatkan akses mudah melaksanakan UTBK SNBT di Universitas Jember sebagai penyandang disabilitas. Pasalnya dua minggu sebelum pelaksanaan ujian ia telah dihubungi oleh panitia Pusat UTBK Universitas Jember untuk dikonfirmasi.

Peserta yang telah lulus dari SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember ini memantapkan memilih hanya satu pilihan saja yaitu Program Studi S1 Sistem Informasi, sebab ia beralasan selain merupakan minat dan bakatnya, jika nanti diterima pada prakteknya tidak menghalangi keterbatasannya.

Ima, panggilan akrabnya mengatakan bahwa selama ujian berlangsung ia tidak mengalami kendala yang berarti, “Alhamdulillah ujian berjalan lancar, panitia memberikan saya fasilitas yaitu ruang ujian saya berada di lantai 1 dengan letak yang mudah diakses karena ada fasilitas ramp. Meja ujian saya juga berada di paling depan,” katanya.

Ia mengakui, tidak ada perlakuan berbeda dari panitia meskipun dirinya difabel, malah panitia banyak membantu jika ia mengalami kesulitan dalam bergerak ketika hendak masuk maupun keluar ruangan. “Meski diberi oleh Tuhan keadaan yang tidak sempurna sejak lahir, saya tetap memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk tetap belajar setinggi-tingginya. Dan alhamdulillah semangat saya disupport orang tua dan kakak, merekalah yang mendukung dan mendoakan saya supaya dapat lolos diterima di Universitas Jember.” tutupnya.

Sebelumnya, hari pertama yaitu sesi 1 dengan kapasitas 970 peserta, terdaftar 850 peserta dengan kehadiran 818 peserta persentase kehadiran sesi 1 mencapai 96,24%, pada sesi 2 kapasitas 970 peserta, terdaftar 850 peserta dengan kehadiran 765 peserta persentase kehadiran sesi 2 mencapai 90,00% (30/04/2024). Hari kedua yaitu sesi 3 dengan kapasitas 970 peserta, terdaftar 950 peserta dengan kehadiran 903 peserta persentase kehadiran sesi 3 mencapai 95,05%. Sedangkan pada sesi 4 kapasitas 970 peserta, terdaftar 970 peserta dengan kehadiran 926 peserta dengan persentase kehadiran sesi 4 mencapai 95,46% (02/05/2024).

Dan hari ketiga pelaksanaan UTBK SNBT di Universitas Jember, hasil rekapitulasi panitia pelaksanaan UTBK-SNBT di Universitas Jember tercatat pada sesi 5 dengan kapasitas 970 peserta, terdaftar 970 peserta dengan kehadiran 929 peserta dengan persentase kehadiran sesi ke 5 ini mencapai 95,77% (03/05/2024) total kehadiran sampai hari ke 3 UTBK SNBT 2024 sebanyak 4.341 peserta yang telah melaksanakan ujian. (is/dil)

Skip to content