Pendaftaran Jalur Mandiri di Universitas Jember Dibuka 19 Juni 2024 Mendatang

Jember, 13 Mei 2024
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 di Pusat UTBK Universitas Jember akan segera berakhir (15/05/2024). Prof. Slamin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember mengungkapkan, diperkirakan Universaitas Jember akan membuka pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA UNEJ) 2024 pada tanggal 19 Juni 2024 dan akan ditutup pada tanggal 28 Juni 2024 mendatang.

“Pendaftaran Jalur Mandiri akan kami buka tanggal 19 dan ditutup pada tanggal 28 Juni 2024 mendatang, calon peserta disarankan mencari informasi yang cukup untuk memilih program studi dengan tepat,” jelas Prof. Slamin.

Ia optimis pada jalur SEMMABA UNEJ 2024 bisa mencapai 7 ribu peserta, dimana pada pelaksanaan SEMMABA UNEJ 2023 di Universitas Jember mencapai dengan jumlah pendaftar sebanyak 5.694 orang, tidak ada perbedaan ketentuan pada SEMMABA UNEJ 2024 ini dengan periode sebelumnya. Materi tesnya sama dengan UTBK SNBT yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika sehingga tidak ada perbedaan untuk calon peserta dari jurusan apapun termasuk dari sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pelaksanaan UTBK-SNBT di fakultas pertanian

“Kami telah melakukan serangkaian sosialisasi, misalnya dengan menerima kunjungan-kunjungan siswa ke Universitas Jember, melalui Sosial Media dan media-media lain agar informasi tentang UNEJ dapat diterima para calon mahasiswa,” ulasnya.

Ia lalu menambahkan, agar para calon peserta SEMMABA UNEJ 2024 secara periodik membuka halaman website unej.ac.id untuk mencari informasi yang akurat atau bertanya langsung melaui email resmi Universitas Jember humas@unej.ac.id serta melalui telepon (0331) 330224.

“Kami membuka ruang seluas-luasnya, baik orang tua atau calon peserta SEMMABA UNEJ 2024, untuk menggali informasi tentang Lembaga kami, dengan menghubungi akun atau halaman resmi kami di Universitas Jember, Senin sampai Jumat pada jam kerja 07.00 sampai 16.00 WIB,” imbuhnya.

Ia pun berharap, agar para calon peserta atau orang tua tidak mempercayai ajakan atau tawaran yang mengatasnamakan lembaganya dengan iming-iming bisa diterima di Universitas Jember dengan syarat harus membayar sejumlah uang atau dalam bentuk apapun, agar terhindar dari praktik-praktik modus penipuan. (is)

Skip to content