Universitas Jember Terus Lakukan Quality Improvement, Diantaranya Melalui Penilaian Maturity Rating

Jember, 20 Juni 2024
Universitas Jember terus berusaha melakukan perbaikan berkelanjutan (quality improvement) di segala bidang, khususnya untuk mewujudkan layanan yang paripurna kepada pelanggan. Salah satu yang dilakukan diantaranya mengikuti penilaian Maturity Rating yang digelar oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara berkala. Maturity Rating adalah salah satu alat ukur dalam menilai apakah sebuah Badan Layanan Umum (BLU) telah memberikan layanan sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember, Ika Barokah Suryaningsih, Maturity Rating mengukur tingkat kematangan sebuah entitas BLU seperti Universitas Jember berdasarkan multi aspek. Diantaranya aspek keuangan, layanan, kapabilitas internal, inovasi, tata kelola dan pengelolaan lingkungan. Harapannya, layanan BLU akan lebih baik dan makin profesional secara berkelanjutan. Tekad terus berbenah ini disampaikan oleh Ika Barokah Suryaningtyas saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema Finalisasi Penyusunan Dokumen Maturity Rating Universitas Jember untuk penilaian tahun 2023 di kawasan Agrotecnopark Jubung (19-20/6).

“Dengan mengikuti penilaian Maturity Rating, maka kita bisa mengetahui sejauh mana quality improvement yang sudah kita lakukan serta membandingkan dengan pencapaian sesama BLU lainnya. Adanya penilaian Maturity Rating membuat kita serius memperhatikan proses layanan yang kita berikan mulai dari perencanaan, proses hingga bagaimana hasilnya,” ujar dosen yang mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember ini.

Dan pencapaian Universitas Jember selama tiga tahun mengikuti penilaian Maturity Rating ini tidak mengecewakan. Terbukti dengan prestasi yang telah diraih di bidang pengelolaan keuangan dan penelolaan organisasi, baik dari Kemenkeu maupun Kemendikbudristek. Bahkan kini Universitas Jember menjadi tujuan studi banding lembaga BLU lainnya khususnya di bidang pendidikan tinggi. Seperti yang baru-baru ini datang ke Kampus Tegalboto adalah dari Universitas Siliwangi Tasikmalaya dan UIN Raden Fatah Palembang.

“Bahkan beberapa perguruan tinggi lain sudah menyatakan ingin belajar kepada kita. Tentu saja pencapaian ini membanggakan, namun jangan sampai membuat kita terlena sebab lembaga BLU lain juga terus meningkatkan performanya. Oleh karena itu kita wajib mempertahankan prestasi bahkan meningkatkannya,” pesan Kepala SPI Universitas Jember. Sebagai informasi, kegiatan (FGD) bertema Finalisasi Penyusunan Dokumen Maturity Rating Universitas Jember untuk penilaian tahun 2023 diikuti oleh kepala dan Sekertaris SPI, para Kepala Biro, Ketua serta Wakil Tim Kerja di lingkungan Universitas Jember. (iim)

Skip to content