Lahbako San UNEJ Raih Juara 3 Kontes Robot Indonesia

Jember, 9 Juli 2024

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika Fakultas Teknik (FT) Universitas Jember (UNEJ) kembali menunjukkan prestasinya dengan meraih Juara 3 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) tingkat nasional. Acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) ini dilaksanakan pada 1-6 Juli 2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Enam mahasiswa program studi Teknik Elektro yang tergabung dalam tim Lahbako San yaitu Ahmad Khoiruddin sebagai ketua tim bersama Mohammad Rifki Wildan Sulton, Adnan Maulana Firdausi, Muhammad Ilham Nur Huda, Hendra Dharma Putra, Muhammad Aqul Aziz sebagai anggotanya berhasil meraih juara ketiga setelah bersaing dengan 32 tim dari berbagai kampus di Indonesia.

Ketua tim Lahbako San, Ahmad Khoiruddin dalam keterangannya (09/07/2024) mengungkapkan KRI dibagi menjadi beberapa divisi, salah satunya adalah KRAI, yang fokus pada kemampuan robot untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan cepat dan tepat. Menurutnya, kompetisi ini tidak hanya menguji kemampuan teknis dalam merancang dan membangun robot, tetapi juga kemampuan strategi dan kerjasama tim.

“Sebenarnya KRI sendiri merupakan ajang tahunan yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia dan menjadi salah satu kejuaraan bergengsi di bidang robotika sehingga dapat menyalurkan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa anggota UKM Robotika UNEJ.” ujarnya.

Ia juga menjelaskan tim Lahbako San UNEJ menunjukkan performa yang konsisten sepanjang kompetisi, mulai dari babak penyisihan hingga final. Robot mereka berhasil menyelesaikan berbagai tantangan dengan akurasi dan kecepatan yang mengesankan, kendala teknis dan persaingan yang ketat dari tim-tim lain tidak membuatnya menyerah.

“Meski ada sedikit kendala dalam komponen elektronik robot, namun dengan keluwesan joki dalam mengendalikan robot serta kerja sama dan strategi yang baik dalam satu tim, sehingga kemampuan robot dapat bekerja maksimal dan berhasil mengungguli tim dari beberapa kampus lainnya.” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Adnan Maulana Firdausi, anggota tim Lahbako San mengatakan, sebelum mencapai tingkat nasional, tim Lahbako San UNEJ harus melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat di tingkat wilayah. Keberhasilan mereka di tingkat wilayah membawa mereka ke babak final di tingkat nasional yang diadakan di Surakarta. Di sana, mereka bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia.

 

Adnan menambahkan, keberhasilan ini merupakan bentuk kontribusi nyata kelompoknya kepada Universitas Jember dan dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di bidang teknologi. Tim Lahbako San UNEJ bertekad untuk terus meningkatkan kemampuan dan prestasi mereka di masa mendatang, dengan harapan dapat meraih juara pertama di kompetisi berikutnya.

“Semoga tim terus melangkah lebih maju terutama dalam penguasaan teknologi bidang robotika sehingga dapat mengukir prestasi-prestasi lainnya dan membanggakan almamater Universitas Jember.” pungkas Joki robot tim Lahbako San UNEJ ini. (dil/adi)

Skip to content