Meningkat dari Sebelumnya, FK UNEJ Kembali Lantik 47 Dokter Baru dan Raih 100 Persen Lulusan UKMPPD Nasional

Jember, 17 Juli 2024

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember (UNEJ) kembali menunjukkan prestasinya dengan melantik 47 dokter baru pada acara Sumpah Dokter Periode 2 yang berlangsung khidmat di Auditorium UNEJ pada Rabu, (17/07/2024). Pada kesempatan ini, FK UNEJ juga berhasil mempertahankan prestasi luar biasa dengan meraih 100 persen kelulusan pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Nasional.

Adapun beberapa prestasi yang diraih oleh dokter baru diantaranya nilai terbaik CBT dr. Alisa Nurul Islami dengan perolehan nilai 92, nilai terbaik OSCE dr. Rahadinda Mutia Dhamar Drajad dengan nilai 89,5 dan dr. Putri Dafa Salsabila sebagai peraih IPK tertinggi dengan nilai 3,8. Ketiganya mendapatkan penghargaan dari Dekan FK UNEJ sebagai lulusan terbaik.

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam sambutan Sumpah Dokter Periode 2 di Auditorium UNEJ pada Rabu, (17/07/2024)

Rektor UNEJ, Iwan Taruna dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian para lulusan baru, “Luar biasa pada sumpai dokter kali ini lumayan banyak dari sebelumnya yaitu berjumlah 47 dokter baru. Kami sangat pengapresiasi kepada para dokter baru ini yang telah menyelesaikan perjalanan panjang masa studinya di Universitas Jember ini. Kami berharap para dokter baru ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan dunia kesehatan,” ujarnya.

Senada yang diungkapkan oleh Rektor Universitas Jember, Dekan FK UNEJ, dr. Ulfa Elfiah juga menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras para mahasiswa dan dukungan dari seluruh civitas akademika FK UNEJ.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dedikasi dan komitmen seluruh pihak yang terlibat. Para dosen, tenaga kependidikan dan tentunya mahasiswa yang telah bekerja keras dan berjuang selama masa pendidikan. Saya ucapkan terimakasih juga atas diraihnya kembali prestasi lulusan 100 persen UKMPDD pada sumpah dokter periode ini,” katanya.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah dalam sambutan Sumpah Dokter Periode 2 di Auditorium UNEJ pada Rabu, (17/07/2024)

Dekan FK yang merupakan spesialis bedah plastik dan rekonstruksi ini menjelaskan, UKMPPD merupakan ujian nasional yang wajib diikuti oleh mahasiswa kedokteran untuk mendapatkan izin praktik sebagai dokter. Kelulusan 100 persen dari FK UNEJ ini menunjukkan bahwa kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan telah berhasil mempersiapkan mahasiswa dengan baik.

“Pencapaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan di FK UNEJ,” tambah dr. Ulfa.

dr. Putri Dafa Salsabila, perwakilan dokter baru Fakultas Kedokteran Universitas Jember Sumpah Dokter Periode 2 di Auditorium UNEJ pada Rabu, (17/07/2024)

Salah satu lulusan, dr. Putri Dafa Salsabila yang turut hadir dalam wisuda tersebut, mengungkapkan rasa syukurnya yang telah resmi dilantik menjadi dokter pada acara ini, “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada FK Universitas Jember karena sudah menjadi wadah bagi kami untuk belajar dan mendukung langkah kami hinga kami mendapatkan gelar dokter. Perjalanan ini penuh tantangan, tetapi berkat bimbingan dan dukungan dari semua pihak, kami bisa mencapai sampai titik ini,” tuturnya.

Selain kelulusan UKMPPD, FK UNEJ juga terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas dan sarana pendidikan guna mendukung proses belajar mengajar. Seperti halnya pada saat ini Universitas Jember sedang dalam proses pembangunan rumah sakit baru yang nantinya akan menjadi fasilitas penunjang bagi para mahasiswa serta dokter FK UNEJ yaitu RSPTN UNEJ.

“Kami berharap dengan adanya rumah sakit dari Universitas Jember ini, kami bisa memberi lebih untuk memberikan bekal kepada adik-adik.” pungkas dr. Ulfa. (adi)

Skip to content