UNEJ Kerja Sama dengan Tirta Pandalungan, Bantu Tingkatkan PAD Kabupaten Jember

Jember, 23 Juli 2024

Universitas Jember (UNEJ) sebagai perguruan tinggi turut berperan penting dalam meningkatkan ekonomi daerah atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya di Kabupaten Jember. Hal ini terwujud dalam kerja sama yang dilakukan dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Pandalungan Kabupaten Jember. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UNEJ dengan Direktur Utama PERUMDAM Tirta Pandalungan di Gedung Rektorat UNEJ, Selasa (23/07/2024).

Rektor UNEJ Iwan Taruna menyampaikan bahwa dalam rangka pemenuhan kebutuhan air minum dalam kemasan yang bersih dan sehat di lingkungan Universitas Jember, serta dalam rangka menggunakan dan memanfaatkan produk lokal Kabupaten Jember, maka besar harapan agar kerja sama ini dapat membawa banyak manfaat utamanya untuk turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jember.

“Kesepakatan antara UNEJ dan PERUMDAM Tirta Pandalungan akan terealisasikan dengan pemenuhan kebutuhan air minum dalam kemasan dengan merek UNEJ Cool, yang akan tersedia di lingkungan Universitas Jember. Sehingga keterlibatan aktif UNEJ dalam kegiatan ekonomi lokal ini dapat memperkuat peran perguruan tinggi dalam pengembangan ekonomi lokal utamanya di Jember.” ujar Rektor.

Dalam waktu dekat, Direktur Utama PERUMDAM Tirta Pandalungan Miftahur Ridho memastikan akan dapat memenuhi kebutuhan UNEJ sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam MoU.

 

“Kami di PERUMDAM menyambut kerja sama ini dengan antusias, apalagi UNEJ memiliki potensi yang besar sebagai perguruan tinggi di Jember. Tanggung jawab besar dipastikan untuk dapat kami jaga dan tingkatkan kualitasnya agar ke depan dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,” ujar Miftahur Ridho.
Ia juga menambahkan bahwa dirinya mengapresiasi komitmen UNEJ yang mengutamakan penggunaan produk lokal dari PERUMDAM Tirta Pandalungan sebagai representasi pemerintah Kabupaten Jember. Semoga kerja sama ini dapat menjadi trigger untuk membuka peluang kerja sama lainnya.

Penandatanganan MoU juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Kepala Biro Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Kepala Badan Pengembangan Usaha (BPU) UNEJ, serta jajaran direksi dari PERUMDAM Tirta Pandalungan. (dil)

Skip to content