Inspirasi Gen Z, Wisudawan Peraih IPK Sempurna di UNEJ Berkontribusi Melalui Buku Bisnis Digital

Jember, 24 Juli 2024

Ada yang menjadi sorotan ketika gelaran wisuda Universitas Jember periode pertama pada Sabtu (20/07/2024) lalu, Rochmatulloh Alaika wisudawan S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 4.00 tingkat universitas. Tidak banyak mahasiswa yang bisa mencapai IPK sempurna 4.00, dari 731 wisudawan program S1 UNEJ yang diwisuda pada periode ini hanya ada 2 saja yang bisa mencapainya. Salah satu wisudawan tersebut adalah Alex, begitu sapaan akrabnya. Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut hanya membutuhkan waktu selama 3 tahun 4 bulan 15 hari untuk menyelesaikan masa studinya, ia juga merupakan penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Saat ditemui di Kampus Tegalboto Selasa (24/07/2024), Alex menceritakan bahwa selama kuliah ia menunjukkan dedikasinya dalam dunia penulisan ilmiah dan pengabdian masyarakat. Ia aktif dalam kegiatan penelitian dan berpengalaman menjadi asisten peneliti sekaligus tim pengolah data hasil penelitian Kelompok Riset (KeRis) dosen, ia juga aktif dalam publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional maupun internasional bereputasi. Hingga saat ini total publikasi nya berjumlah 11 publikasi, dan 2 diantaranya termasuk publikasi buku.

Laki-laki kelahiran Probolinggo itu menulis buku yang berjudul “Membangun Bisnis Digital yang Kreatif dan Inovatif Dalam Perkembangan Era Society 5.0”. Ia mengaku menulis buku ini untuk mempersiapkan karir di era Society 5.0 sebagai komplemen Revolusi Industri 4.0, perlu diarahkan pada peran Generasi Z untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Menurutnya, era ini menuntut peran aktif Generasi Z dibekali dengan kreativitas, inspirasi, dan kemampuan membangun pola kerja dengan interpersonal skill yang kuat, “Tentu kemampuan paripurna tersebut diharapkan dapat memenangkan persaingan serta menghidupkan bisnis yang digital di Era disruptif dan dunia tak berbatas ini.” jelas Alex

Tak lupa, Alex membagikan tips dan trik mendapatkan IPK 4.00 ala dirinya, “Bagi saya, proses belajar berlangsung ketika kita berada di luar kelas. Di dalam kelas, kita hanya menyamakan, menguji, atau membandingkan apa yang telah kita pelajari sebelumnya, jadi setiap sebelum kelas dimulai saya biasakan untuk membaca materi minimal 4 artikel jurnal sebagai bekal untuk diskusi di kelas,” pesannya.

Ia juga berpesan untuk senantiasa meminta ridho dan restu orang tua tercinta terutama ibu sebelum memulai sesuatu, “Biasakanlah untuk selalu meminta ridho dan restu dari orang tua tercinta terutama ibu sebelum memulai sesuatu, dengan doa dan restu orang tua kita dapat menjalani setiap langkah dengan lebih mudah dan percaya diri, serta mengharapkan hasil terbaik dari segala usaha yang kita lakukan.” tutup Alex. (dil/nil)

Skip to content