Analisis dan Evaluasi Hukum Pertahanan Negara, BPHN-RI Gandeng UNEJ Selenggarakan FGD

Jember, 25 Juli 2024
Badan Pembinaan Hukum Nasional Republik Indonesia (BPHN-RI) Menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pokja Analisis dan Evaluasi Pertahanan Negara yang diselenggaraka di Aula Rektorat Lantai 3 Universitas Jember (25/07/2024), tujuan diselenggarakannya kegiatan itu, menurut Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum., Kepala BPHN-RI mengungkapkan, beberapa organisasi Bantuan Hukum di wilayah Kabupaten Jember untuk semakin menguatkan profesi hukum dengan namanya para legal.

Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum., Kepala BPHN-RI kala memberikan sambutannya.

“Karena kita belum memenuhi syarat secara kuantitas menjangkau ke seluruh kelompok terutama pada masyarakat-masyarakat yang rentan dan sangat membutuhkan kehadiran negara dalam upaya mereka mencari keadilan,” jelasnya Prof. Widodo Guru Besar Universitas Jember ini.

Lalu ia juga mengatakan, dengan kegiatan ini dapat memastikan program-program pemerintah atau negara itu hadir dalam program bantuan bagi masyarakat Indonesia, “Saya tidak tahu nanti Apakah ke depan program bantuan dana ini akan mendapat tambahan lagi dari sisi bantuan seluruh Indonesia kita baru mendapatkan hampir 55 miliar, sangat luas sekali untuk mendampingi masyarakat kita yang awam hukum dan lemah yang sedang menghadapi masalah hukum serta memperjuangkan dan pengadilan tersebut mudah-mudahan di depan itu akan mendapat perhatian walaupun ternyata hari ini program itu juga mendapat pendampingan seperti FGD ini,”katanya.

Prof. Slamin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember dalam sambutannya

Sementara itu, Prof. Slamin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember dalam sambutannya mengatakan, Universitas Jember sangat mengapresiasi kepada BPHN-RI yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi tempat berkumpulnya para pakar dan praktisi hukum di Indonesia.

“Kita (Universitas Jember) memiliki ahli hukum ternama dari berbagai bidang baik bidang perundang-undangan atau ahli hukum yang lain, oleh karena itu kegiatan ini akan menjadi wadah bertemunya para ahli hukum untuk mendapatkan masukan untuk kepentingan negara,” katanya.

Pada kegiatan ini, turut menghadirkan narasumber yang diantaranya Dr. Gautama, S.H., LL.M. Dosen Fakultas Hukum Universitas Jember, dengan mengangkat judul “Penguatan kerangka hukum kerjasama regional dalam rangka menghadapi ancaman nasional.” dan Dr. Y.A. Triana Ohoiwutun, S.H., M.H. Dosen Fakultas Hukum Universitas Jember dengan judul “Proyeksi Hukum Pertahanan Negara berbasis Keamanan Individu Warga Negara.”. (is)

Skip to content