UNEJ Gelar Summer Course of Coffee 2024, Tindak Lanjut Konsorsium Kopi Internasional

Jember, 6 Agustus 2024

Pada jalinan kerja sama yang telah dijajaki sejak tahun lalu, Universitas Jember (UNEJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) saat ini tengah menggelar program Summer Course of Coffee 2024. Pembukaan kegiatan secara resmi dilaksanakan di Gedung Rektorat UNEJ oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Slamin pada Senin (05/08/2024).

Pada sambutannya, Prof. Slamin menyampaikan, “Bagi para peserta yang mengikuti program ini untuk tetap konsisten dan gunakan waktu belajar sebaik-baik mungkin selama di Jember. Silahkan menikmati waktu di Jember, apa yang harus kita lakukan di sini, kita memberikan banyak waktu untuk kalian supaya bisa menghabiskannya untuk belajar di sini,”

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Slamin

Ia juga menjelaskan bahwa rangkaian program yang akan terlaksana selama 12 hari ini akan terbagi menjadi beberapa sesi. Di antaranya sesi pengantar industri kopi serta tanaman varietas kopi, kemudian proses penanaman kopi sampai kunjungan multi lokasi yaitu di sekolah binaan UNEJ Sekolah Kopi RAISA (Raung Ijen Sumberwringin Agropolitan) dan sekitar Gunung Ijen.

Sementara itu, M. Rondhi Sekretaris LPPM UNEJ dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini para peserta nantinya akan belajar banyak pengetahuan tentang kopi, “Di kesempatan ini kalian akan belajar banyak tentang kopi, tidak hanya di dalam kelas, kita juga akan belajar kopi secara langsung di ruang pemasak kopi bahkan di industry kopinya,” katanya.

Tidak hanya itu, dosen Fakultas Pertanian UNEJ ini juga mengatakan, “Bukan hanya tentang kopi, para peserta juga akan belajar tentang budaya Indonesia yang ditunjukkan dengan datang memakai pakaian tradisional masing-masing. Dengan ini sekaligus nantinya akan memperkenalkan budaya kita terhadap para peserta dari mancanegara.”

M. Rondhi Sekretaris LPPM UNEJ

Untuk diketahui selama beberapa hari ke depan Summer Course of Coffee 2024 ini akan dilaksanakan selama 12 hari di Jember dan sekitarnya serta akan diikuti oleh beberapa mahasiswa perwakilan 27 perguruan tinggi dari Indonesia maupun dari luar negeri yang dilengkapi juga dengan menampilkan perjalanan kopi dan seminar internasional. Dalam program ini UNEJ bersinergi dengan Universitas Hasanuddin, Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, dan Universitas Syiah Kuala serta dengan dukungan dari Kemdikbudristek. (adi)

Skip to content