Marching Band Symphony Rama UNEJ Borong 6 Trophy di Ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024

Jember, 7 Agustus 2024

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Symphony Rama Universitas Jember (UNEJ) berhasil membawa pulang 6 penghargaan di ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024 yang diadakan di Benteng Reborn Stadium, Kota Tangerang Banten selama 4 hari (1– 4 Agustus 2024). Event ini diselenggarakan oleh Indonesia Drum Corps Association (IDCA) yang bekerja sama dengan Drum Corps International (DCI) Amerika Serikat.

Di bawah arahan tim pelatih yang digawangi oleh Adhika Nandiwardhana Dianastya, tim Symphony Rama berhasil menyabet 6 kejuaraan sekaligus dengan berhasil menyisihkan 32 tim lainnya yang berasal dari empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong. Enam kejuaraan tersebut di antaranya adalah Juara 1 Drumline Battle Challenge Class, Juara 1 The Best Costume Battle Challenge Class, Juara 3 Soundsport Challenge Class, Juara 1 The Best Visual Performance, Juara 2 The Best Overal Impression, dan Juara 3 The Best Drum Major.

Marching Band Symphony Rama UNEJ saat tampil di ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024

Dalam persiapannya menghadapi Kejuaraan IDCI 2024, Sekretaris Umum UKM Marching Band Symphony Rama, Aisus Silmy yang sempat ditemui di Kampus Tegalboto Selasa (06/08/2024) mengungkapkan, “Persiapan untuk kejuaraan ini sudah sangat matang dan kami lakukan dari jauh-jauh hari. Keseluruhan tim kami yang terdiri dari 60 player dan 20 official ini telah menjalani latihan rutin yang intensif selama tujuh bulan, dimulai sejak Januari hingga Juli,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa dalam persiapan event ini ia dan tim sempat menemui beberapa kesulitan, “Karena untuk pertama kalinya Marching Band Symphony Rama mengikuti event besar bertaraf internasional dengan komposisi fullband membuat serangkaian proses persiapan yang dilakukan kurang terstruktur dengan baik, masih banyak hal-hal yang meraba, namun dengan kerja keras dan niat yang kuat akhirnya kami bisa melewati itu.” imbuhnya.

Marching Band Symphony Rama saat persiapan tampil di ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024

Di samping itu, pelatih Adhika Nandiwardhana Dianastya mengemukakan bahwa dari kejuaraan ini tim Marching Band Symphony Rama membawa pulang 1 buah Trumpet dan 4 buah Cymbal sebagai hadiah. Ia pun berharap kedepannya UKM Marching Band Symphony Rama bisa terus berkembang dan mengikuti event-event bergengsi lainnya.

“IDCI 2024 merupakan event bertaraf internasional pertama yang diikuti Marching Band Symphony Rama, melalui capaian yang telah berhasil diraih ini semoga dapat menjadi pijakan semangat dan motivasi untuk mengikuti event-event lain yang akan datang sehingga berdampak positif juga terhadap Universitas Jember sebagai instansi yang telah menaungi.” tutupnya. (nil)

Skip to content