UNEJ Lantik 27 Insinyur Baru: Siap Berkontribusi untuk Pembangunan

Jember, 14 Agustus 2024
Universitas Jember (UNEJ) kembali menambah deretan lulusan insinyurnya dengan melantik 27 insinyur baru pada Pelantikan Insinyur Tahun Akademik 2023/2024. pelantikan ini berlangsung khidmat dan dihadiri oleh para pimpinan universitas, dosen, serta tamu undangan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Jawa Timur. Dengan tambahan 27 insinyur ini, jumlah alumni insinyur UNEJ kini mencapai 277 orang, sebuah pencapaian yang diharapkan dapat semakin memperkuat kontribusi UNEJ dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan pada, Rabu Pagi (14/08/2024) di Gedung Soetardjo Universitas Jember.

Rektor Universitas Jember kala memberikan sambutannya

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM., Rektor Universitas Jember, menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme bagi para insinyur yang baru dilantik. “Kita ingin mempunyai insinyur yang kompeten, profesional, berintegritas, serta bertanggung jawab. Mudah–mudahan bapak ibu yang dilantik pada pagi hari ini bisa membawa visi dan misi dari PII tadi untuk berperilaku sebagai insinyur yang sesuai. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa pembangunan di Indonesia betul-betul menghasilkan infrastruktur yang berkualitas, teknologi yang maju, dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa ini,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, dengan bertambahnya jumlah insinyur yang dihasilkan oleh Universitas Jember, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional, khususnya dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan teknologi di Indonesia.

Suasana penmgambilan sumpah insinyur

Sementara itu, Dr. Ir. Gentur Prihantono, SP, SH., M., Ketua PII Wilayah Jawa Timur, menjelaskan, tanggung jawab yang menyertai sertifikat insinyur yang baru diterima oleh para lulusan. “Sertifikat yang saudara pegang adalah tanggung jawab saudara. Sertifikat ini menandakan bahwa saudara telah memenuhi standar profesionalisme, integritas, dan kompetensi yang diharapkan dari seorang insinyur. Suatu saat, saudara juga bisa berkontribusi menjadi pengurus PII di cabang-cabang dimana saudara berada dan kita sudah punya kelompok persatuan yang harus memperjuangkan dan melindungi anggotanya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, pelantikan ini menjadi momentum penting bagi para insinyur baru untuk siap terjun ke dunia kerja dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Para lulusan diharapkan dapat menjadi pionir dalam berbagai bidang teknik dan teknologi, mengembangkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat, dan menjaga standar etika serta profesionalisme dalam setiap pekerjaan yang mereka emban.

Turut dihadiri oleh Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Ir. Habibie Razak, IPU., EngExec., CPEng., IntPE(Aus), Ketua PII Wilayah Jawa Timur Dr. Ir. Gentur Prihantono SP, SH., M, dan Sekretaris Ketua PII Cabang Jember Ir. Budi ST,. MT.(mel/dil/is)

Skip to content